Jum. Apr 19th, 2024

Pemda Lembata, Dukung Pengembangan Wisata Desa

By media surya.com Feb 25, 2020

Mediasurya.com,Lewoleba_Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, ST, MT mendukung penuh upaya pemerintah dan masyarakat desa yang ingin mengembangkan obyek dan usaha wisata.

Hal ini disampaikan Bupati ketika mengunjungi desa Dikesare kecamatan Lebatukan, 20/2/2020, melihat dari dekat dan sebagi bentuk dukungan pemerintah kabupaten terhadap langkah pemerintah dan msyarakat Desa Dike Sare dalam usaha mengembangkan potensi wisata di desa tersebut. 

Kehadiran Bupati  ke desa itu untuk, melihat lebih dekat kiat-kiat pemerintah serta optimisme masyarakat dalam mengembangkan pariwisata di desa tersebut. Selain berbicara tentang upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Lembata ia juga bertatap muka secara khusus dengan tokoh agama dan pemuka masyarakat guna pengembangan potensi pariwisata di desa tersebut.

Baca juga ;

WISATA BUDAYA, MENJAGA TRADISI GUTI NALE DESA MINGAR

Ia mengatakan, suatu daerah yang memiliki potensi wisata dan juga ada hal yang unik maka secara perlahan-lahan akan bertumbuh. Namun menurutnya hal ini membutuhkan proses yang panjang.

Mengelola dunia pariwisata menurut Bupati Sunur tidak semudah membalikan telapak tangan. Biaya dan waktu yang panjang menjadi syarat mutlak untuk mencapai tujuan ini. “Membangun periwisata secara cepat itu bisa dilakukan jika ada intervensi anggaran yang besar dari negara atau ada sponsor yang luar biasa dari pihak lain,” kata Bupati Sunur.

Bupati Sunur terus mengajak dan mendorong pemeritah Desa Dike Sare untuk membangun lokasi Pantai Lewolein agar tumbuh menjadi salah satu desa wisata andalan. Ia beralasan, Desa Dike Sare merupakan bagian dari rencana pengembangan dan merupakan salah satu simpul pengembangan pariwisata di Kabupaten Lembata.

“Desa Dike Sare ini sangat strategis karena menjadi tempat persinggahan masyarakat antar wilayah, memiliki potensi wisata alam yang indah dan menjadi tempat transit untuk ke tepat wisata lainnya seperti ke Jontona, Ile Lewotolok, Balauring, Wade, dan Bean,” ungkapnya.
Ia menegaskan, peran pemerintah dalam membangun dunia pariwisata baik sebagai bupati, camat, maupun kepala desa adalah pada tataran kebijakan. “Jika kita bicara soal kebijakan pasti diikuti dengan intervensi anggaran,” terang Bupati Sunur.

Dengan demikian ia menilai kebijakan kepala Desa Dike Sare untuk mengintervensi pengelolaan pariwisata desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) merupakan langkah yang tepat. “Kepala desa tidak perlu terjun langsung tapi diintervensi saja melalui BUMDES. Dalam manajemen bisnisnya BUMDES pasti berfikir bagaimana mengembangkan pariwisata di desa dan ini langkah yang positif,” imbuhnya.

Terkait komitmen dan kiat pemerintah Desa Dike Sare dalam membenah pariwisatanya, Bupati Sunur juga menyerukan agar dana untuk pengelolaan pariwisata bukan dimanfaatkan “asal tempel” tapi melalui suatu perencanaan yang bagus dan benar benar tepat sasaran.

Baca juga ;

RAYAKAN HARI PERS AWAK MEDIA DI LEMBATA, KUNJUNGI JOMPO

“Rencanakan secara baik dari sisi peletakan aset rumahnya, letak kulinernya, cara mengelola bahan makanannya, kebersihannya, toilet dan kelengkapannya, peralatan dan kelengkapan rekreasi laut, tempat bilas, parkir kendaraan, dan pintu masuk,” katanya mengarahkan Pemerintah Desa Dikesare dan pengurus Bumdes Desa Dikesare.

Jika semua didesain secara baik, bukan tidak mungkin pemerintah daerah pun akan mengintervensi bagian-bagian pekerjaan tertentu yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah.

Kepala Desa Dike Sare Estakius Suban di Pantai Wisata Lewolein mengatakan, sudah dua tahun Desa Dike Sare yang dipimpinnya fokus membangun pantai wisata Lewolein.
“Saya akan terus berusaha untuk membenahi berbagai keterbatasan dan terus menghadapi dinamika dan situasi yang ada di desa ini. Saya optimis karena hari demi hari semakin banyak orang yang datang di sini dan semua itu meyakinkan saya bahwa Desa Dike Sare akan maju dan menjadi desa wisata yang handal di masa yang akan datang,” katanya penuh optimis. (MM/Kominfo Lembata)

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

2 thoughts on “Pemda Lembata, Dukung Pengembangan Wisata Desa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *