Wabup Flotim Agus Boli larang semua ternak Babi dan hasil olahannya masuk Flores Timur

Baca juga ; Bupati Flotim Anton Gega Hadjon Ajak,Semua Elemen Jaga Suasana Kondusif di Sandosi. – Sikka┬ádan Flotim, Sepakat Bangun Kerjasama. – Wakil┬áBupati Flotim, Ajak ASN Hindari Hoax, FItna dan Ujaran Kebencian

Mediasurya.com,Larantuka_Fenomena Virus yang mematikan babi di Dunia, yang sudah masuk di Nusa Tenggara Timur yakni Virus Afrikan Swine Fever (ASF) atau demam babi Afrika sudah, membunuh puluhan ribu ekor babi di daratan timor membuat kabupaten Flores Timur siaga Satu antipasi masuknya virus ASF ini di Flores Timur.
Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli mengatakan virus ASF ini endemik dan belum ada obat atau vaksinnya.Jadi jika ternak babi terjangkit maka pasti babi tersebut mati dan akan menular ke ternak lainnya dengan cepat.
Misalkan hasil olahan babi Se’i yang mengandung kuman virus ASF maka bisa bertahan 30 hari virusnya dan tetap hidup.Ketika kita konsumsinya dan sisa makanannya di makan babi misalkan maka otomatis akan terjangkit di ternak babi lain.Bahkan di daging beku bisa bertahan 1000 hari virusnya dan tetap hidup.
“Ini kan sangat merugikan peternak kita jika virus ini masuk di Flores Timur.Karena itu kemarin saya keluarkan perintah kepada sekda dan OPD terkait untuk antisipasi dan melarang masuknya ternak babi dan hasil olahannya beserta turunannya di Flores Timur secara ketat.Surat Perintah yang berisi larangan masuknya ternak babi beserta hasil olahannya di Flores Timur di kirim ke camat dan kepala desa dan lurah serta pemangku kepentingan lainnya agar sosialisasi ke semua lapisan masyarakat agar waspada menolak masuknya ternak babi dan hasil olahannya di Flores Timur dari kabupaten lain.


Kita jaga di pelabuhan Feri Waibalun dan Deri untuk boikot dari Kupang Timor,boikot di Boru,Adabang dan Ojandetun untuk masuknya dari Maumere sikka,pelabuhan laut Waiwerang,Solor,Waiwuring antipasi masuknya dari Lembata dan Bandara Gewayantana Larantuka.
Kepada semua masyarakat jika melihat ada pasokan ternak babi dari luar Flotim silakan lapor ke pemdes/lurah/camat/babinsa,pol PP dan polisi terdekat untuk di tolak dan di kirim pulang.
Karena jika virus ASF ini masuk maka ekonomi petani-peternak kita lumpuh dari usaha ternak babi dalam skala kecil maupun besar.
Ini serius karena virus ini sangat bahaya babi ternak babi dan tentu berdampak buruk bagi ekonomi petani-peternak kita.
Obat dan vaksin belum ada untuk jenis Virus ini jadi solusi satu-satunya adalah boikot masuknya di Flores Timur.

Share

2 thoughts on “Wabup Flotim Agus Boli larang semua ternak Babi dan hasil olahannya masuk Flores Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *