Komunitas Taman Daun dan Sejumlah Media di Lembata, Lakukan Aksi Kamanusiaan.

Mediasurya.com,Lamalera_Mewabahnya Korona virus telah membawa dampak yang luar biasa hampir di semua bidang kehidupan, baik sosial budaya maupun ekonomi. Dan akan hal tersebut komunitas taman daun, menggandeng sejumlah media di Lembata yang memiliki kepedulian melakukan aksi kamanusiaan.

Baca juga ; Kapolres Lembata, AKBP. Janes H. Simamora, “Terimakasih Untuk Awak Media, Selama Dua Tahun Saya Bertugas Disini, Sudah Banyak Membantu Tugas Kepolisian”.   -. Keliling Ile Ape dan Ile Ape Timur Ketua DPRD Lembata, Berikan Edukasi Tentang Covid 19.  -. Terkait Korona, Bupati Lembata Sayangkan, Peserta Tabligh Akbar di Goa Sulawesi Selatan, Asal Lembata Tidak Jujur..

Di Lamalera kecamatan wulandoni, misalnya, komunitas taman daun dan sejumlah media ( wiklly.net, wartakeadilan.com, vivatimur.com, humaniora.com, pos Kupang, floreseditorial.com, aktulita, TVRI, media Indonesia, mediasurya.com ) berbagi dengan 80an kepala keluarga, yang terhimpun dari janda, duda maupun keluarga kurang mampu yang di data para RT, sebagai orang atau keluarga yang terkena dampak langsung pandemik covid 19.

Jefri Bataona, mantan penjabat kepala desa yang adalah seorang guru dan tokoh masyarakat Lamalera saat membuka pertemuan tersebut (7/5/2020), menyampaikan banyak terimakasih atas kepedulian rekan-rekan dari komunitas taman daun dan sejumlah media yang memiliki respek sosial terhadap situasi saat ini.

Jefri Bataon mengatakan, bulan ini harusnya sudah banyak wisatawan yang datang ke sini namun, situasi ini tidak bisa di elakan. Ini diperparah dengan pembatasan pergerakan orang sehingga,  masyarakat kami kesulitan melakukan barter dengan warga di desa lain dan bahkan, Misa Leva pembukaan musim perburuan ikan paus pun, kami lakukan tidak seperti lazimnya.

“Sekali lagi, saya secara pribadi dan mewakili masyarakat Lamalera mengucapkan terimakasi atas kasih yang teman-teman bagi kepada kami hari ini” ucap bataona mengakhiri sapaan awalnya .

Sementara itu, Koordinator Komunitas Relawan Taman Daun Lembata, John Batafor menjelaskan, saat ini Komunitasnya sedang fokus pada antisipasi dampak Covid-19, terutama secara ekonomi.

“Upaya pencegahan sudah kami lakukan dengan membagi gratis ribuan media cuci tangan, ribuan masker dan melakukan edukasi tentang Covid-19. Sekarang kami gandeng sejumlah media di Lembata untuk antisipasi dampak terutama ekonomi masyarakat dengan memberi sejumlah paket sembako”, ungkap John.

John juga menjelaskan, untuk paket sembako masih diprioritaskan untuk orang tak mampu seperti janda, jompo dan masyarakat pesisir yang selain secara riil sudah kehilangan pendapatan, juga kondisi alam yang tidak menyediakan cadangan pangan dalam masa Covid-19 ini.

Batafor mengatakan, paket sembako berupa beras dan gula pasir ini tidak banyak namun, kami berharap bisa membantu bapa,mama sekalian di situasi sulit ini. Paket sembako ini, merupakan sumbangan sukarela anggota komunitas Taman Daun dan sejumlah jurnalis di Lembata.

Selain desa Lamalera B di kecamatan Wulandoni, belum lama ini komunitas Taman Daun dan Jurnalis Lembata juga telah mendistribusikan sejumlah paket sembako untuk para janda dan jompo di desa Lamaau dan desa Todanara, Kecamatan Ile Ape Timur, juga Desa Laranwutun di kecamatan Ile Ape.sm

Share

41 thoughts on “Komunitas Taman Daun dan Sejumlah Media di Lembata, Lakukan Aksi Kamanusiaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *