Sel. Apr 16th, 2024

BST Untuk 7 Kelurahan Mulai Disalurkan

By media surya.com Mei 20, 2020

Mediasurya.com,Lewoleba_Bantuan Sosial tunai (BST) dari kementrian sosial sebesar Rp. 600.000 untuk 2.366 Kepala Keluarga yang tersebar di 7 Kelurahan se-Kabupaten Lembata, hari ini, Rabu (20/05/2020) mulai disalurkan PT. Pos dan Giro Cabang Lewoleba.


Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/05/15/berbagi-di-tengah-pandemi-covid-19-frit-langotukan-sumbangkan-ratusan-paket-sembako/

https://www.mediasurya.com/2020/05/20/kapal-asdp-kembali-muat-penumpang-ke-lembata/

https://www.mediasurya.com/2020/04/30/inilah-kriteria-penerima-blt-dana-desa/

Dalam acara Launching pembayaran BST yang dihadiri Bupati Lembata, Kepala PT. Pos dan Giro cabang Lewoleba, Kadis Sosial PMD, dan Perwira Penghubung Kodim 1624/Flotim untuk Kab. Lembata, diserahkan secara simbolis BLT tahap-1 bagi 10 KK penerima.


Yakobus M Rapok, selaku Kepala PT. Pos dan Giro Cabang Lewoleba mengatakan “Jadwal hari ini penyaluran bagi kelurahan Lewoleba dan Lewoleba Barat, selanjutnya menyusul Kelurahan Lewoleba Tengah, Lewoleba Selatan dan Lewoleba Utara, kemudian hari terakhir untuk Kelurahan Lewoleba Timur dan Selandoro. Semuanya (penyaluran BST) dilakukan terpusat di 3 lokasi kantor Kelurahan yang telah ditetapkan Pemkab Lembata”.
“Tata cara pembayaran BST secara online dimana masyarakat penerima wajib membawa KTP-EL atau Kartu Keluarga untuk dicocokan dengan daftar nama penerima, kemudian akan discan barcodenya untuk diteruskan ke pusat, selanjutnya diserahkan uang tunai kepada penerima dan diupload dokumentasi penyerahan” ujar Yakobus.



Sementara itu Kadis Sosial PMD Lembata, Aloysius Buto dihadapan peserta Launching BST memaparkan data penerima BST dan realisasi penyaluran BLT Dana Desa Tahap-1 di Kabupaten Lembata.
“Untuk BST merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial yang dialokasikan kepada Kelurahan dengan besaran yang sama seperti BLT di Desa”.
“Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Lembata sebanyak 18.092 KK, dimana sudah terakomodir dalam PKH dan Sembako sebanyak 12.330 KK, ditambah 3.132 KK perluasan sembako sehingga total yang sudah terakomodir dalam bantuan pemerintah sebanyak 15.462 KK”.
“Kemudian dari 4.731 usulan Pemkab baik dari data DTKS maupun non DTKS, diakomodir pemerintah pusat sebanyak 4.279”.
“Launching BST saat ini melalui PT. Pos dan Giro diperuntukkan bagi 2.366 KK sedangkan data penerima lainnya menyusul untuk gelombang 2 (1.713 KK) dan gelombang 3 (56 KK), selain itu hari ini juga disalurkan melalui Himpunan Bank milik negara (Himbara) dari Bank BRI dan BNI sejumlah 144 penerima, sehingga totalnya nanti sebanyak 4.279 penerima”.

Dirinya menambahkan “Perlu kami laporkan untuk perkembangan penyaluran BLT Tahap-1 dari Dana Desa bagi 144 Desa sampai dengan kemarin terealisasi untuk 131 Desa sehingga tersisa 13 Desa masih dalam proses, dimana 96 Desa sudah salurkan untuk 1 bulan, 34 Desa sudah salurkan untuk 2 bulan dan 1 Desa sudah salurkan untuk 3 bulan, sehingga total KK yang sudah menerima BLT tahap-1 sebanyak 10.342 KK dimana total anggaran yang sudah terealisasi sebesar Rp. 7.414.000.000,-. Saya berharap bantuan ini dimanfaatkan dengan baik oleh semua penerima BST” ujarnya.

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

29 thoughts on “BST Untuk 7 Kelurahan Mulai Disalurkan”
  1. Hmm it looks like your website ate my first comment (it was extremely long) so I guess I’ll just sum it up what I wrote and say, I’m thoroughly enjoying your blog. I too am an aspiring blog blogger but I’m still new to everything. Do you have any helpful hints for novice blog writers? I’d certainly appreciate it.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *