Pemda Flotim Yakin APBD Murni 2021 Akan Ditetapkan Sesuai Jadwal.

Pemda Flotim Yakin APBD Murni 2021 Akan Ditetapkan Sesuai Jadwal.

Mediasurya.com,Larantuka-Bupati Flores Timur Antonius Gega Hadjon kepada media ini di ruang kerjanya (22/10/2020) mengatakan bahwa tangungjawab pemerintah menyelesaikan apbd perubahan 2020 maupun APBD murni 2021 merupakan agenda penting untuk masyarakat dan Lewotanah yang harus diselesaikan akhir tahun anggaran 2020 ini.

Hadjon yakin apbd murni Flotim tahun anggaran 2021 bisa ditetapkan menjadi perda sesuai jadwal yang dikeluarkan pemerintah pusat.

Baca juga; https://www.mediasurya.com/2020/08/09/pemda-flotim-dan-tim-kerja-presiden-dari-jembatan-palmerah-hingga-teken-kesepahaman-kerjasama-multy-bidang/

“Perubahan telah dievaluasi oleh pemerintah propinsi tinggal diajukan ke DPRD untuk ditetapkan menjadi perda, sementara apbd murni 2021 sedang kita bahas bersama untuk kemudian diajukan ke DPRD sesuai mekanisme yang telah diatur oleh peraturan perunang-undangan yang berlaku hingga ditetapkan menjadi perda” ujar hadjon.

Sementara itu, Tugas dan tangungjawab dalam menyelesaikan semua agenda untuk kepentingan masyarakat, Lewotanah Flores Timur oleh Yosep A.S Pehan Keraf.SE.M.Si kepala badan Keuangan dan aset daerah kabupaten Flotim dijadikan prioritas yang harus dirampungkan.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/02/29/sikka-dan-flotim-sepakat-bangun-kerjasama/

Meski pandemi covid 19 meluluhlantakan berbagai aspek termasuk apbd namun, dirinya tegar berdiri menahkodai BKAD Kabupaten Flores Timur sebagai jawaban atas kepercayaan yang disematkan Bupati Antonius Gega Hadjon.

Ditemui diruang kerjanya (22/10/2020) Cipto Keraf demikian kepal BKAD ini disapa menjelaskan tentang apbd Flotim baik perubahan 2020 maupun murni 2021 mengatakan bahwa ada perubahan besar dalam penyusunan APBD 2021 ini, dimana tahun-tahun sebelumnya menggunakan aplikasi Simba namun, tahun ini oleh Kemendagri telah dirubah dengan aplikasi single platform.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/10/20/pimpinan-dprd-kabupaten-lembata-dan-sikka-dukung-kerjasama-kedua-kabupaten/


“Ini aplikasi baru dan lebih ketat karenanya, kecermatan dan unsur kehati-hatian dalam menyusun apbd menjadi hal yang kami utamakan” ujar Keraf.


Untuk perubahan sudah ada nota kesepahaman dan sudah dievakuasi propinsi, tinggal kami melakukan apa yang menjadi catatan propinsi selanjutnya disampaikan ke DPRD untuk di tetapkan menjadi perda.


Dijelaskan kepala BKAD Flotim ini bahwa, ada pergeseran dalam apbd perubahan itu kami sesuaikan dengan perintah pemerintah pusat melalui, SK perubahan peraturan bupati sebanyak 5kali.


Pelaksanaan APBD tahun ini memang serba sulit karena kita dihadapkan pada situasi yang serba tidak pasti, dimana ada anggaran yang hari ini ada namun, besok bisa di pangkas.

Baca juga ;https://www.mediasurya.com/2020/10/20/bupati-lembata-dan-sikka-tandatangan-mou-kerjasama/


Ditanya terkait pendapatan asli daerah (pad) Keraf menjelaskan, hampir semua daerah mengalami hal serupa di mana target PAD di revisi karena situasi saat ini.


Flotin target semuala di APBD murni sebesar 70 Miliar di revisi menjadi 61 Miliar dan saat ini capaian sudah 50% lebih, kami berharap Desember mendatang bisa melampaui target ini. Jelas Cipto.


“Kita banyak berharap pada 16 OPD besar pengelola PAD hal ini karena, ada larangan yang dikeluarkan pemerintah pusat untuk tidak memungut pajak dan retribusi dari dunia usaha yang mengalami dampak pandemik covid 19. Dan tahun ini juga terjadi pemotongan tkpd besar-besaran ” jelas Kepala BKAD.


Sementara terkait ApBD murni tahun anggaran 2021 Keraf menjelaskan bahwa, meski ada perubahan aplikasi yang memaksa Pemda lebih berhati-hati dimana, dengan aplikasi ini sesuatu yang telah dipostng atau keliru di masukan, maupun yang lupa di input akan memakan waktu dalam peruahan karena operator apkiksi single platform ini hanya ada di Kemendagri dan ini sangat jauh berbeda dengan aplikasi terdahulu.


Cipto juga mengatakan ada perubahan kecil dalam struktur apbd tahun 2021 ini sehingga membutuhkan totalitas kami dalam menyelesaikan apbd 2021 dengan penuh tanggungjawab terhadap masyarakat, Lewotanah dan amanah yang dipercayakan oleh pimpinan daerah kepada kami. Meski dengan berbagai hal ini namun, kami yakin APBD murni akan selsesaii tepat waktu dan ditetapkan sebelum 30 Nopember ini, jelas keraf mengakhiri pertemuan dengan media ini.Ms

Share

12 thoughts on “Pemda Flotim Yakin APBD Murni 2021 Akan Ditetapkan Sesuai Jadwal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *