Pemerintah Pusat Kucurkan 15.4 Miliar Bangun Talud Pengaman Pantai Di Flotim

Pemerintah Pusat Kucurkan 15.4 Miliar Bangun Talud Pengaman Pantai Di Flotim

Mediasurya.com, Larantuka- Deputi 2 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rifai, di dampingi Asisten 2 setda flotim, Petrus Pedo Maran, Sekretaris BPBD, Tarsius Kopong menijau langsung lokasi pantai yang akan di bangun talud sepanjang 1.5Km dari bilangan pantai pasar inpres Larantuka menuju Gege kelurahan pohon Bao Kecamatan Larabtuka kota.

Rifai kepada media (22/10/2020) mengatakan, ini merupakan Penyelenggara kembali atau katakanlah rehabilitasi rekonstruksi pertama untuk Kabupaten Flores Timur.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/10/23/bnpb-gandeng-bpbd-flores-timur-bangun-talud-pengaman-pantai/

Ini adalah fase ketiga di mana, fase pertama tahun 2015 sudah kita laksanakan dengan baik, yang kedua ada fase 2017 juka dengan sangat baik dan yang berikut ini merupakan fase ke tiga yaitu fase 2020 jelas Rifai.

Lanjut deputi 2 BNPB bahwa, dirinya telah berkomunikasi dengan sekda secara aktif bahwa 2020 ini merupakan, bagian yang tertinggi penyelenggaraan rehab-rekon di Flores Timur.

Harapan saya bahwa ini adalah bagian yang sangat strategis tidak hanya memulihkan daerah yang pernah kena ancaman abrasi juga tsunami dan lain-lain tetapi bisa mengembalikan kapasitas wilayah terutama di dalam rangka meminimalisir dampak abrasi. Yang kedua dapat meningkatkan nilai guna yaitu nilai estetika dan membuka ruang tata kelola pariwisata yang bersifat daerah kosmopolitan, dan yang terakhir adalah memberikan warna pelestarian lingkungan.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/10/23/pemda-flotim-yakin-apbd-murni-2021-akan-ditetapkan-sesuai-jadwal/

“tadi saya melihat dua batang pohon yang cukup besar, kira-kira 2 m dan 5 m pohon yang sudah ada di sini juga kita lestarikan, selain itu dalam rangka pengembangan dan pengamanan, talud ini juga nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai ruang ekonomi.

Ditanya terkait anggaran Rifai menjelaskan, anggaran kurang lebih 15,4 miluar dan saya sudah diskusikan sama pak sekda, karena ini sudah menjadikan activity maka segera dibelanjakan, harapan saya adalah pertama pastikan 3 bulan ini kita belanjakan di dalam bentuk desain Dede, yang ke-2 saya dengar bahwa ada beberapa daerah terutama solor itu, bulan Desember sudah langsung melakukan pekerjaan fisik artinya Saya yakin dan percaya Flores Timur malah lebih cepat membangunnya kurang dari 1 tahun karena ini membangunnya tidak lebih dari 6 bulan. kemarin SPP ataupun transfer spm-nya di bulan September Saya berharap sebelum bulan Juli tahun depan saudara-saudara saya di Larantuka bisa memanfaatkan talud ini.

Baca juga ;https://www.mediasurya.com/2020/10/20/bupati-lembata-dan-sikka-tandatangan-mou-kerjasama/


Hingga bulan Desember 2020 ini, tentu kegiatan yang pasti adalah hanya berupa desain yang kedua pembangunan yang berupa fisik baru bulan Desember sampai dengan tahun depannya diselesaikan.

saya telah ber surat kepada seluruh gubernur, bupati, walikota agar pekerjaan fisik tidak boeh terhenti, ini tetap berjalan satu syaratnya protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, kemudian cuci tangan dan ketentuan ini sudah dikeluarkan oleh kementerian PU PR yaitu instruksi menteri PUPR RI nomor 4 tahun 2020 dan saya juga telah mengeluarkan surat agar segera kawan-kawan yang dapat hibah ini dijalankan.

Rifai mengatakan, pekerjaan ini ada fungsi-fungsi lain yang kaitannya dengan penggunaan tenaga kerja setempat maka, padat karya ini menjadi strategis supaya masyarakat disini juga bisa menikmati. Ms

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *