Tampilkan Sisi Humanis TNI, Dandim Flotim Pererat Tali Silaturahim

Tampilkan Sisi Humanis TNI, Dandim Flotim Pererat Tali Silaturahim

Mediasurya.com, Lewoleba- Insiden yang melibatkan oknum anggota TNI dan warga Lamahora telah diselesaikan dengan jalan kekeluargaan setelah Dandim 1624/Flotim, Letkol Czi Imanda Setyawan S.T., M.I.P turun menampilkan sisi humanis TNI dengan bertemu, berdialog dan meminta maaf bersama keluarga.

Dandim Flotim beberapa waktu lalu disakasikan media ini, dihadapan keluarga korban dugaan pemukulan yang dilakukan oleh oknum TNI, dan para petinggi TNI, juga Kapolres dan masyarakat saat penyelesaian sengketa secara santun mengatakan bahwa semua kita sama di hadapan hukum namun demikian ada hal yang bisa dibicarakan secara kekeluargaan.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/09/20/masih-banyak-warga-lewoleba-tidak-bermasker-di-tempat-umum/

“Memang kita mencari keadilan tetapi tidak semua hal diselesaikan dengan hukum, jika semua pihak bersepakat bicara dari hati ke hati untuk penyelesaian.” Ujar Dandim.

Tidak hanya sebatas saling memaafkan namun kemudian Kodim 1624/Flotim-Lembata semakin mengintensifkan kegiatan silaturahmi dengan komponen masyarakat di wilayah Flotim Lembata dengan, Penyelenggaran silaturahmi Keluarga Besar TNI (KBT), Wartawan Wilayah Lembata dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) SIKAP Lembata berlangsung di halaman Makoramil 1624-03 Lewoleba, Lembata, Sabtu ,(14/11/2020).

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/07/24/tanggap-darurat-lintas-sektor-bantu-janda-dan-anak-terlantar-di-pelabuhan-laut-lewoleba/

Dandim 1624/Flotim, Letkol Czi Imanda Setyawan S.T., M.I.P., dalam sambutannya mengungkapkan, silaturahmi dengan KBT, Wartawan serta LBH sangat penting dilakukan guna mempererat persaudaraan dan tali silaturrahmi antar TNI dengan Keluarga Besar TNI, Wartawan dan para pegiat hukum di wilayah Lembata.

“Karena kalau tidak kenal kita tidak akan tahu, kita tidak akan bertegur sapa, dengan bertegur sapa kita akan saling mengenal sehingga satu sama lain tidak ada batas lagi. Dengan harapan kedepan saya sebagai komandan Kodim dan beberapa perwira atau staf mohon agar bisa di bantu dalam mengarahkan dan membina adik-adik sebab Danramil tidak bisa kerja sendiri, dan memiliki keterbatasan,” ungkap Dandim 1624/Flotim.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/10/13/bintara-remaja-anggota-tni-tiba-di-lembata/

“Mereka masih dalam hitungan belum setahun, untuk membentuk karakter dan mental mereka butuh waktu. Seharusnya kalau tidak ada program unggulan belum tentu mereka kembali ke daerah asal. Ini adalah sebuah anugerah karena putra daerah ikut terlibat langsung dalam membangun daerahnya,” ungkapnya.

Dandim 1624/ Flotim juga menegaskan, Silaturahmi ini sebagai salah satu metode pembinaan teritorial sekaligus wahana untuk mencapai kesepahaman dan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan di darat kepada seluruh komponen bangsa termasuk Keluarga Besar TNI.

“Silaturahmi antara Prajurit Kodim 1624 Flotim dengan KBT dan semua elemen masyarakat ini perlu dijaga dan terus ditingkatkan sehingga menumbuhkan kepedulian serta kepekaan terhadap berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,” tandasnya.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/08/22/kunjungi-adonara-dandim-1624-flores-timur-ingin-bersinergi-dengan-elemen-masyarakat/

Masih dalam sambutan Dandim Imanda mengatakan dilaksanakannya silaturahmi ini bertujuan untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara Prajurit TNI AD dan KBT serta meningkatkan upaya menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI melalui aksi nyata bela negara.

Di akhir sambutannya, Dandim sangat mengapreasiasi para KBT yang telah memotivasi Prajurit Kodim 1624/Flotim dalam mengemban tugas menjaga kedaulatan NKRI. Dandim juga meminta para KBT untuk terus berperanserta aktif demi terwujudnya kondusifitas di wilayah teritorial Flotim Lembata termasuk membantu menyelesaikan permasalahan sosial.

Tampak hadir dalam kegiatan, antara lain Kapolres Lembata Kapolres Lembata AKBP Yoce Marten, SH, S.I.K, M.I.K., Danramil 1624-03/Lewoleba Mayor Chb. Ihsan, Pasi Pers Kodim 1624/Flotim Kapten Inf Jhon Anderson Repi, Danramil 1624-04/Omesuri Kapten Inf Ahmad Setyadi, Danramil 1624-07/Loang Lettu Inf Lodivikus Bataona, Dansubdenpom Lettu Cpm Stefanus, Dan Unit Intel kodim 1624/Flotim Letda M. Thuri, Dan Posal Kabulaten Lembata Letda PM Triawan A. SH., Ketua LBH Sikap Lembata Juprians Lamabelawa SH. MH, Sekertaris LBH Sikap Lembata Emanuel Belida Wahon, SH., Purnawirawan TNI (KBT), Warakawuri dan para Wartawan serta Perwakilan tokoh agama, dan seluruh anggota Koramil 03/Lewoleba. (MST)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *