Kam. Apr 25th, 2024

Pengungsi Erupsi Gunung Ile Lewotolok, Jalani Rapid Test Massal

By media surya.com Des 5, 2020

Mediasurya.com,Lewoleba- Suasana pelaksanaan rapid test bagi pengungsi Gunung Ile Lewotolok, Sabtu 05/12/2020 pada titik kumpul posko utama, yang terletak di kelurahan Lewoleba Tengah kecamatan Nubatukan kabupaten Lembata tepatnya di pelataran eks kantor bupati lama.

Jumlah Pengungsi Ile Lewotolok saat ini mencapai 9.028 orang. kepada media ini Kepala Bagian Humas Setda Lembata, Petrus Demong mengatakan, ribuan pengungsi Gunung Ile Lewotolok sejak Sabtu (5/12) pagi tadi menjalani rapid test secara massal. Hal ini merupakan kebijakan Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur segera dilakukan sebagai upaya pencegahan serta memutuskan mata rantai penularan virus corona paska erupsi gunung berapi itu.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/12/04/pastikan-warga-pengungsi-erupsi-gunung-ile-lewotolok-sehat-kemenkes-ri-turunkan-rhp-ke-lembata/

Pengambilan rapid test secara massal dilaksanakan diareal tenda pengungsian secara mobile oleh petugas medis yang sudah disiapkan

Dengan pengungsi berjumlah 9.028 orang, diperkirakan pelaksanaan rapid test massal bisa memakan waktu hingga 1 minggu. Jika hasil rapid test menunjukkan status reaktif, maka yang bersangkutan langsung menjalani swab test.

Kabag Humas Setda Lembata Petrus Demong menjelaskan rapid test massal secara rutin dilakukan selama persediaan alat bantu kesehatan masih ada.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/12/04/mekeng-dan-bni-berbagi-kasih-dengan-pengungsi-erupsi-ile-lewotolok-lembata/

Rapid test bagi pengungsi merupakan kebijakan terbaru Bupati Lembata Eliazer Yentji Sunur. Kebijakan ini untuk mencegah peningkatan kasus Covid-19 sekaligus mengantisipasi munculnya klaster baru di lokasi pengungsian.

Bupati Lembata beralasan ribuan orang yang mengungsi berasal dari Kecamata Ile Ape dan Ile Ape Timur, yang termasuk zona merah penyebaran Covid-19 di kabupaten yang terletak di Pulau Lembata itu.
Elisabeth, seorang pengungsi asal Desa Waimatan mengaku rapid test massal merupakan kebijakan tepat untuk mengeliminir penularan virus corona.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/12/04/partai-demokrat-lembata-bantu-pengungsi-erupsi-gunung-ile-lewotolok/

Dia mengaku sangat senang bisa menjalani pengambilan darah, sehingga dia tahu kondisi dan status kesehatannya.

Saat ini Kabupaten Lembata merupakan salah satu daerah terpapar Covid-19 di Propinsi NTT. Hingga saat ini tracking kasus terkonfirmasi positip mencapai 33 kasus dengan kalsifikasi meningkat.
Penulis : Roy
Editor : Steny

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *