Prihatin Lewotana, Forum Lembata Memanggil, Bantu Warga Pengungsi Dan Terdampak Erupsi Ile Lewotolok

Prihatin Lewotana, Forum Lembata Memanggil, Bantu Warga Pengungsi Dan Terdampak Erupsi Ile Lewotolok

Mediasurya.com,Lewoleba-Meski di kejutkan dengan dentuman dan erupsi gunung Ile Lewotolok, saat menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi warga Ile ape dan Ile ape Timur tim Relawan Forum Lembata Memangil, tak menyurutkan langkah untuk berbagi.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/12/10/covid-19-kluster-pengungsi-terdampak-erupsi-gunung-ile-lewotolok-bertambah/

Ina Tifaona relawan Lembata memanggil (9/12/2020) mengatakan, bantuan kemanusiaan ini semata-mata merupakan bentuk keprihatianan warga Lembata yang ada di Jakarta atas terganggunya seluruh aktivitas warga akibat erupsi gunung Ile Lewotolok.


Forum yang terdiri dari warga Lembata yang selama ini berdomisili di kota Jakarta, memilih menyalurkan bantuan berupa Sembako, family kit, masker, selimut, handuk dan termos.

Baca juga ;https://www.mediasurya.com/2020/12/08/partai-demokrat-lembata-kembali-temui-pengungsi-ile-lewotolok-yang-tinggal-di-rumah-warga/

Pada hari pertama, penyaluran bantuan kemanusiaan ini menyasar warga yang sudah kembali ke kampung halamannya di zona Orange yakni Desa Kolontobo, Kecamatan Ile Ape.

Selain menyerahkan bantuan, Forum ini juga mengingatkan warga untuk tidak menganggap biasa ancaman erupsi yang sesewaktu bisa terjadi.

“Bantuan ini sumbernya ada dua perusahaan di Jakarta yang bantu yakni PT. Twin Indonesia dan PT. Indonesia Wacoal. Bantuan ini diserahkan kepada Perusahaan Lembata Sport Security Jakarta, milik Wilem Lodjor,” ujar Poce Ruing.

Baca juga ;https://www.mediasurya.com/2020/12/07/dinkes-lembata-lakukan-swab-di-20-posko-pengungsi/

Ruing mengatakan, Forum Lembata Memangggil ikut membantu menggalang hingga menyalurkan bantuan kemanusiaan, guna memastikan semua barang itu tiba dengan selamat dan sampai ke tangan korban erupsi Gunung Ile Lewotolok.


Sedangkan Gabriel Goa, anggota Forum Lembata Memanggil meminta warga untuk membentu kelompok Siaga di Desa guna merespon situasi yang sesewaktu dapat memburuk.

“saat kita duduk ini saja sudah terjadi tiga kali gemuruh disertai erupsi di puncak. Ini pertanda agar kita perlu miningkatkan kewaspadaan. Jangan bilang karena sudah biasa dengar kemudian bapa mama tidak siaga,” ujar Gabriel Goa.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/12/07/pemda-lembata-tingkatkan-kualitas-pelayanan-kepada-warga-pengungsi-ile-lewotolok/

Jurnalis senior ini meminta warga yang hadir, perlu mengemas seluruh barang berharga seperti tabungan, barang berharga serta dokumen penting lainnya ke dalam sebuah tas. Tas tersebut yang harus dibawa pada saat kondisi terburuk terjadi.

Forum Lembata memanggil akan terus menyalurkan bantuan kepada warga di dua Kecamatan terdampak erupsi Ile Lewotolok hingga kondisi benar-benar pulih kembali.(AT/MST)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *