Pengungsi Di Pulangkan, Dandim 1624/Flotim Perintahkan Personil TNI Ikut Membantu.

Pengungsi Di Pulangkan, Dandim 1624/Flotim Perintahkan Personil TNI Ikut Membantu.

Mediasurya.com,Lewoleba- Dandim 1624/Flotim, Perintahkan Anggota Koramil 1624-03/Lewoleba membantu pemulangan warga dari 15 Desa di kecamatan Ile ape dan Ile ape timur yang merupakan pengungsi akibat Bencana erupsi Gunung Ile Lewotolok.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/12/03/tni-ad-bantu-penanganan-kesehatan-warga-pengungsi-erupsi-ile-lewotolok-juga-bangun-dapur-umum-dan-mck/

Hal ini disampaikan sampaikan Dandim melalui Danramil 1624-03/Lewoleba, bahwa komitmen kami untuk tetap bersama masyarakat dalam situasi apapun dan apa yang dilakukan hari ini merupakan wujud kecintaan TNI pada masyarakat dan Daerah ini.

Namun demikian Dandim mengingatkan agar tetap memperhatikan Protokol kesehatan dan tetap menggunakan masker sebagai pelindung dari abu gunung Ile Lewolok.

Baca juga ;https://www.mediasurya.com/2020/12/28/dandim-1624-flotim-lakukan-pemeriksaan-kendaraan-anggota-tni/

Pantauan media ini (Minggu, 03/12021) sejak, pukul 09.45 Wita, Bertempat di Halaman Eks Kantor Bupati Posko Utama, Jln. Trans Lembata, Kel. Lewoleba Tengah, Kec. Nubatukan, Kab. Lembata. Pemulangan terhadap Pengungsi dari 15 Desa yang berjumlah 6.974 jiwa.

Tampak Hadir Dalam kegiatan Pemulangan pengungsi, Danramil 1624-03/Lewoleba, Mayor Chb. Ihsan, Kasat Sabhara Polres Lembata, AKP Leonardus Ola Angin, Kadis Kesehatan. Dr. Lucia Sandra Gunadi Anggrijatno, Kadis Kominfo. Markus Labi. Ka Bapelitbangda Kab. Lembata, Said Kopong, S.E, M.Si, Kaban Kesbangpol Kab. Lembata, Anselmus Ola Bahy, AP.M.Si Kabid Logistik dan kedaruratan BPBD Kab. Lembata, dr. Geril Huar Noning, Kasie Kesiapsiagaan BPBD Kab. Lembata, Sdr. Andris Koban.

Sementara Personel gabungan pemulangan pengungsi adalah ; 30 personil, Koramil 1624-03/Lewoleba, 24 anggota polisi, 8 orang staff BPBD dan 24 relawan.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2021/01/03/sekda-lembata-terkait-besaran-honor-bupati-ditetapkan-sesuai-perpres-33-tahun-2020/

Dari data yang dihimpun pengungsi berasal dari Kecamatan Ileape Timur yakni, Desa Lamatoka, Desa Baolaliduli, Desa Lamawolo, Desa Lamau, Desa Todanara,Desa Waowala, Desa Waimatan, Desa Lamagute, Desa Watodiri.

Sementra Kecamatan Ile Ape terdiri atas, Desa Tanjung Batu, Desa Aulesa, Desa Napasabok, Desa Bungamuda, Desa Lamawara dan Desa Amakaka.

Pemulangan dilakuka. Menggunakan 16 unit Dum truk dan Kendaraan light truk : 5 Unit. Diawali dengan apel pengecekan dipimpin kepala BPBD Dan dilanjutkan dengan Kegiatan Pemulangan Pengungsi dibawah Pengawalan Koramil 1624-03/Lewoleba, dan Polres Lembata.

Infotmasi lain di himpun media ini menyebutkan bahwa, Rekomendasi BVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) di Desa Jontona Kec. Ileape Timur, belum di ijinkan pulang, karena termasuk dalam kawasan radius 4 Km, dari puncak Gunung Ile Lewotolok..

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *