Sab. Apr 20th, 2024

Lakukan Kunker Ke Dermaga Laut Lewoleba Dan Balai Pengujian Kendaraan, Ketua DPRD Lembata Janji Akan Sampaikan Masukan Ke Pemerintah

By media surya.com Jan 26, 2021

Mediasurya.com,Lewoleba- Ketua DPRD Lembata Petrus Gero bersama sekretaris komisi dua Hilarius Lukas Kirun dan Anggota komisi 2 Kritoforua Ricam melakukan kunjungan kerja pada beberapa fasilitas umum milik Pemda Lembata untuk melihat lebih dekat perkembangan dan kendala yang di hadapi.

Baca juga; Petrus Gero Ketua DPRD Lembata, Siap Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Anti Virus Covid 19 Di Lembata

Petrus Gero dalam kesibukan kepada media mengatakan, pihaknya telah melihat kondisi riil fasilitas pemerintah juga mendengar masukan dari para pihak yang ditemui, berjanji akan menyampaikan semua masukan kepada pemerintah.

“Apa yang kita lihat dan yang kita dengar akn disampaikn ke pemerintah untuk dilakukan evaluasi” ujar Gero.

Diakui atau tidak namun kondisi pelabuhan laut Lewoleba perlu dilakukan pembenahan dan penataan untuk meminimalisir keluhan masyarakat pengguna jasa pelabuhan laut lewoleba.

Baca juga ; Pengusaha Hasil Bumi Lembata, Dukung Program Tol Laut Presiden RI

Sekretaris Komisi 2 DPRD Lembata Hilarius Lukas Kirun saat kunjungan kerja ke Pelabuhan Laut Lewoleba, Jumat, 22 Januari 2021 mengatakan, perlu dilakukan penataan kembali terhadap pelabuhan laut lewoleba Sebab, kondisi pelabuhan saat ini sudah sangat tidak layak. Ketidaklayakan ini akan sangat berpengaruh terhadap pelayanan, keselamatan pengguna pelabuhan, dan pada akhirnya mempengaruhi kontribusinya terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

“Pembenahan Pelabuhan harus jadi prioritas. Kondisinya saat ini sangat semrawut,” tegas Imo Wulakada.

Ia juga mendorong pemanfaatan pompa air di pelabuhan yang sudah disiapkan untuk melayani kebutuhan air bagi kapal-kapal yang sandar di Pelabuhan Laut Lewoleba.

Baca juga ; Bupati Lembata Resmikan Pasar Penopang Ekonomi Baleuring

Dalam kunjungan ini, Komisi 2 juga berkesempatan memantau pembukaan jalan keluar dari lokasi penumpukan peti kemas, agar ke daratan peti kemas tak lagi keluar melalui pintu pelabuhan.

Tim Komisi 2 terdiri atas Sekretaris Komisi 2 Hilarius Lukas Kirun, anggota Komisi 2 Kristoforus Ricam, dan Ketua DPRD Petrus Gero. Kehadiran tim kunjungan kerja didampingi Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Petrus Gero dan Kepala Bidang Perhubungan Laut Ferry Irawan Paokuma.

Sebelum ke pelabuhan, rombongan terlebih dahulu memantau alat pengujian kendaraan di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor.

Baca juga ; Bedi Watun ; “Saya Siap Selesaikan Pengurusan Surat Kendaraan Milik Pemda Lembata”

Di tempat ini, tim kunker melihat dari dekat peralatan ini kendaraan yang baru diadakan dengan nilai sebesar Rp300 juta.

Kristoforus Ricam mengatakan, sesuai penjelasan Plt Kepala Dinas PUPR dan Perhubungan Petrus Bote, jumlah tenaga penguji kendaraan saat ini hanya dua orang dan yang stand by di Balai uji kendaraan hanya satu orang.

Karena itu, ia meminta pemerintah untuk menambah jumlah tenaga penguji dan perlu dilakukan peningkatan sumber daya manusiaa (SDM) secara periodik.

Ia juga meminta kepada Dinas untuk lebih menggenjot pengujian setiap kendaraan bermotor yang beroperasi di wilayah Lembata agar selain untuk mengetahui kelaikan jalan dan mengantisipasi kecelakaan, juga untuk dapat memberikan kontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD).

“Kendaraan dinas juga harus diuji kelaikan jalan. Kendaratan dari luar juga harus diuji agar bisa tingkatkan PAD,” kata Kristoforus Ricam.

Plt Kadis PUPR dan Perhubungan Kabupaten Lembata Petrus Bote menjelaskan, PAD 2020 dari pengujian kendaraan bermotor sebesar Rp105 juta.

Saat ini, hanya kendaraan penumpang, kendaraan pengangkut barang, dan truk gandeng yang diuji kelaikan jalannya. Sedangkan kendaraan dinas yang seharusnya juga diuji, sejauh ini belum melakukan uji. Pihaknya sudah menyurati pimpinan OPD, namun sejauh ini belum ada yang merespons.

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *