2.120 Ampul Vaksin Corona Tiba Di Lembata, Pejabat Dan Tenaga Kesehatan Yang di Utamakan

2.120 Ampul Vaksin Corona Tiba Di Lembata, Pejabat Dan Tenaga Kesehatan Yang di Utamakan

Mediasurya.com,Lewoleba- 2.120 ampul Coronavirus vaccine (Corona vac) yang didistribusikan dari pusat tiba di Lembata dengan pengawalan ketat pihak keamanan (29/1/2021) dari Larantuka Flores Timur menggunakan kapal cepat Lembata Expres yang dikirim dari Kupang ibu kota propinsi NTT.

Baca juga ; Di Lembata, TNI Dan Polri Kompak Patroli Protokol Kesehatan.

Setibanya di gudang farmasi dinas kesehatan kabupaten Lembata, dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum boks vaksin dibuka dan dos vaksin (@40 vial) dipindahkan kedalam 1 unit cold chain yang khusus disiapkan menampung vaksin Sinovac sebelum didistribusi ke beberapa Puskesmas yang ada.

Kapolres Lembata, AKBP. Yoce Marthen melalui Kabag Ops Polres Lembata, AKP Marthinus Arjon mengatakan, bahwa pihaknya telah mempersiapkan personil yang bertugas untuk menjaga vaksin tersebut.

Baca juga ; Sosialisasi Vaksin Covid 19, Pemda Lembata Minta Masyarakat Tidak Percaya Hoax

“Vaksin yang diamankan disini (gudang farmasi) akan di jaga hingga pelaksanaan vaksinasi nanti. Untuk penjagaan kami siapkan 2 regu yang akan bergantian setiap hari”.

Diminta himbauannya, Marthin Arjon sampaikan “Vaksin ini akan digunakan oleh masyarakat yang memenuhi syarat. Dengan adanya program vaksinasi, diharapkan penyebaran Covid-19 ini bisa berkurang, dan kita berdoa bersama semoga tahun ini Covid-19 hilang dari Indonesia” ujarnya berharap.



Sementara itu Jubir Satgas Covid-19 Lembata, dr. Lucia Sandra Anggrijatno, menyampaikan sasaran penerima vaksin tahap 1 selain tenaga kesehatan, juga terhadap 10 pejabat publik esensial yang ada.

“Nanti penerimanya (tahap 1) selain tenaga kesehatan (nakes), juga akan melibatkan 10 pejabat forkopimda dan tokoh agama atau tokoh lainnya. Kami lagi pendataan namun nanti akan dicek lagi (anamnesa) apakah mereka layak divaksin atau tidak”.

“Vaksinasi akan kita lakukan setelah logistik pendukung vaksin yang diangkut kapal Roro milik ASDP tiba di Lembata” ujarnya menambahkan.

Tak hanya personil TNI-Polri yang terlibat dalam kegiatan ini. Dinkes Provinsi NTT juga melibatkan jasa expedisi PT. Pos Indonesia (Persero) berpartisipasi dalam pengiriman vaksin Sinovac tahap pertama.

Sesuai amanah satgas penanganan Covid-19 Maluku dan NTT, PT. Pos Indonesia (Persero) dilibatkan dalam distribusi vaksin tahap pertama ke beberapa kabupaten di wilayah Maluku dan NTT.(MST)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *