Koramil 1624-03/Lewoleba Buka Dapur Lapangan Untuk Pengungsi Bencana Banjir.

Koramil 1624-03/Lewoleba Buka Dapur Lapangan Untuk Pengungsi Bencana Banjir.

Mediasurya.com, LEMBATA – Kodim 1624/Flotim melalui Koramil 1624-03/Lewoleba bekerja sama dengan Dinas Sosial dan warga membuka dapur umum lapangan di depan Kantor lurah Lewoleba Timur, untuk membantu warga korban banjir.

Baca juga : Banjir Bandang Masyarakat Adonara Dan Lembata, Jadi Korban.

Komandan Kodim 1624/Flotim, Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T., M.I.P mengatakan dapur umum 1×24 jam, ini untuk menyediakan logistik dalam bentuk makanan kepada para korban banjir yang rumahnya belum sepenuhnya bersih dan layak untuk ditempati. Pada Senin, (05/04/2021).

“Dapur umum lapangan ini dibuka untuk membantu para pengungsi korban banjir di sekitar Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata,” katanya.


Lanjut Dandim, mengatakan saat ini Kodim 1624/Flotim menyiapkan dapur lapangan untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari bagi warga yang berada di pengungsian.

“Kami mempersilakan agar pengungsi datang mengambil makanan siap santap yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Dan tak satupun warga yang tidak dapat, semua pengungsi terjamin merata setiap harinya mendapatkan makan,” kata Dandim, dalam keterangannya, Senin (05/04)




Menyikapi apa yang dilaksanakan Koramil 03/Lewoleba dengan keberadaan dapur umum, Dandim 1624/Flotim Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T., M.I.P menyampaikan, ini untuk memastikan bahwa tidak boleh ada warga di jajaran wilayah Kodim 1624/Flotim yang kelaparan, karena mereka adalah warga yang terdampak bencana banjir”, tegas Dandim.

Untuk mendukung layanan dapur umum ini, lanjut Dandim, setiap hari, anggota di jajaran Koramil 03/Lewoleba menyiapkan makanan siap saji untuk diberikan kepada masyarakat yang ada di wilayahnya.

Dandim kembali menekankan bahwa dapur umum harus tetap berjalan. Oleh karenanya, Dandim pun meminta agar tidak ada warga yang kelaparan.

Baca juga ; Bupati Dan Forkompinda Lembata Tinjau Lokasi Bencana Banjir Bandang Ile Ape

“Terpenting adalah bagaimana kegiatan ini dilakukan dengan konsisten untuk meminimalisasi rawan pangan di daerah masing-masing. Sebab, dampak ekonomi Bencana Banjir sangat dirasakan oleh masyarakat” pungkas Dandim.

Ia mengatakan selain membantu mendirikan dapur umum, Kodim 1624/Flotim juga mengerahkan beberapa personel Koramil 1624-03/Lewoleba termasuk Babinsa untuk turut membantu warga membersihkan rumah yang diterjang banjir.
Pada Kamis (01/04) Hingga minggu (04/04) 2021, Kecamatan Ile Ape diterjang cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi serta angin kencang, dan membuat sejumlah tempat di kota itu mengalami tanah longsor dan banjir.”

Share

77 thoughts on “Koramil 1624-03/Lewoleba Buka Dapur Lapangan Untuk Pengungsi Bencana Banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *