Tinjau Lokasi Banjir Adonara, Dandim 1624/ Flotim Himbau Warga Untuk Selalu Waspada Dengan Kondisi Alam.

Tinjau Lokasi Banjir Adonara, Dandim 1624/ Flotim Himbau Warga Untuk Selalu Waspada Dengan Kondisi Alam.

Mediasurya.com,ADONARA – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Flotim pada kamis hingga saat Ini, berdampak pada Hampir seluruh kawasan di wilayah Adonara Kabupaten Flotim tergenang air. Salah satu wilayah terparah yakni wilayah Kecamatan Ileboleng, Desa Nelelamadike.

Baca juga ; Banjir Bandang Masyarakat Adonara Dan Lembata, Jadi Korban.

Di wilayah tersebut air menggenangi di tiga desa yakni Kecamatan Ileboleng, Desa Nelelamadike, Kec. Adonara Timur, Desa Waiburak, Kec. Wotan Ulumado, Desa Oyangbarang. dengan ketinggian air mencapai 5 meter lebih. Kondisi ini diperparah akibat meluapnya air dari sungai di desa Nelemadike serta jebolnya tanggul penahan di Kecamatan Ileboleng, Desa Nelelamadike.

Dari peristiwa tersebut Dandim 1624/Flotim, Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T., M.I.P memerintahkan dan mengerahkan seluruh prajuritnya untuk membantu masyarakat yang terisolir untuk dilakukan evakuasi ke tempat-tempat yang lebih aman dan pada kesempatan itu juga Dandim bersama, Kapolres Flotim, AKBP I Gusti Putu Suka Arsa Sik, Wakapolres Flotim Kompol Janwarius Serang dan Bupati Flotim, Antonius H. Gege Hadjon ST. langsung terjun ke lapangan guna meninjau lebih dekat kondisi banjir.


Dandim 1624/Flotim Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T., M.I.P beserta rombongan juga menyambangi para korban banjir yang kini ditampung di Posko Bencana Kecamatan Ileboleng, Minggu (04/04/2021).

Dandim 1624/Flotim mengatakan, “Dari data yang dihimpun didapat ada sekitar 20 titik kejadian bencana. Peristiwa ini merupakan bencana yang terbesar dalam sejarah kebencanaan di wilayah Kabupaten Flotim.

Dalam kunjungannya Komandan Kodim 1624/Flotim, Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T., M.I.P mengatakan peninjauan yang dilakukan ini merupakan wujud kepedulian kemanusiaan terhadap sesama sekaligus melihat secara langsung kondisi dan kesulitan yang dialami oleh masyarakat khususnya terhadap masyarakat Desa Nelelamadike yang terdampak banjir yang saat ini membutuhkan bantuan dan support dari kita.

Baca juga ; Intensitas Hujan Tinggi, Dandim 1624/Flotim Ingatkan Masyarakat Dan Babinsa Untuk Selalu Waspada

“Belakangan ini intensitas curah hujan cukup tinggi sehingga terjadi peluapan air di Sungai di Wilayah yang alirannya berada di Desa Nelelamadike. Memeng saat ini kondisi air sudar surut, namun warga agar selalu waspada dengan kondisi alam sekarang karena sewaktu – waktu dapat menimbulkan bencana”. Ujar Dandim”

Dandim Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T., M.I.P meminta kepada seluruh jajaran dan instansi terkait untuk membantu meringankan kesulitan warga yang terkena dampak banjir. “Kita bantu mereka dalam mengatasi musibah ini. Instansi terkait agar selalu siap sedia dalam meringankan beban warga,” tegas Dandim.

Dalam penijauan tersebut Dandim 1624/Flotim beserta rombongan menyambangi rumah penduduk yang terdampak banjir, Fasilitas Umum yang berada di Kecamatan Ileboleng, Desa Nelelamadike.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kasat Intelkam Res Flotim IPTU Markus F. S Wangge, Kasat Sabhara Res Flotim IPTU Frit Letik. Komandan posmat TNI AL Flotim Serka Bayu, kepala BPBD an.Alfons Beda Bethan, Kadis DLH Kab.Flotim Servulus S.Demoor, Kabag Humas Kab.Flotim Herry Lamawuran.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *