Tungku Flotim Di Jayapura Donasikan 100Juta Bagi Korban Bencana Adonara

Tungku Flotim Di Jayapura Donasikan 100Juta Bagi Korban Bencana Adonara

Mediasurya.com, Adonara – Kelompok Sosial Warga Flores Timur yang berdomisili di Jayapura Provinsi Papua, (Senin 26 April 2021) menyerahkan donasi berupa uang tunai sejumlah 100 juta di Waiwerang Kecamatan Adonara Timur dan Kecamatan Ile boleng

Baca juga : Mabes Polri Turunkan Psikolog Lakukan Trauma Healing Bagi Korban Banjir Adonara

Kehadiran Ikatan Tungku Flores Timur-Jayapura ini di terima oleh Camat Adonara Timur Damianus Lama Wuran,SH dan Ketua Posko Terpadu Petrus Pemang Liku.

Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Flores Timur menyampaikan Terimakasih atas keiklasan teman teman ikut merasakan kedukaan saudara saudara kita ujar Petrus Pemang.

Saya sungguh menghormati dan menghargai sumbangsi Tungku Flotim yang menetap di Jayapura karena Duka Adonara adalah Duka Kita Bersama,urai peman liku

Tungku Flotim adalah gabungan 11 kelompok arisan warga Lamaholot di Jayapura. Kelompok arisan itu terdiri dari arisan keluarga Kakan Dike Arin Sare (Kadiare),keluarga arisan ile boleng, keluarga arisan kiwang one, keluarga arisan Sandosi,keluarga arisan Witihama, keluarga arisan Tobi Tika, keluarga arisan Honihama, keluarga arisan Lama Tewelu, keluarga arisan ikatan keluarga larantuka (lKL), keluarga arisan Lewo Lema dan keluarga arisan Solor.

Gabungan dari sebelas keluarga arisan dari berbagai wilaya atau masing masing desa inilah mulai terbentuk Ikatan Tungku Flotim dalam wadah Sosial satu ini . Lebih jauh salah seorang pengurus Tungku flotim ini mendaulatkan Matheus Mamun Sare,SH dengan beberapa temannya untuk menyerahkan donasi kepada Korban Banjir Bandang di Adonara.

Baca juga ; Wiramandala Jembatan Kedua Yang Dibangun TNI AD Di Adonara

Matheus Mamun Sare menyampaikan Rasa Berbelasungkawa terhadap 72 Korban yang mana dua korban hingga kini belum ditemukan.

Ikatan Tungku Flotim di Jayapura turut merasakan duka yang dialami keluarga di Adonara dan Lembata, dan karena itulah hari ini kami datang mendonasikan sedikit bisa kami berikan untuk meringankan kesulitan yang dihadapi keluarga yang tertimpa musibah. Selain di dua kecamatan di Adonara yakni Adonara timur dan ileboleng kami juga akan ke kabupaten Lembata untuk berbagi beraama yang kesulitan akibat bencana.

disaksikan mediasurya.com bahwa penyerahan pertama di Kantor Camat Adonara Timur Waiwerang lengkap dengan Berita acara penyerahan 50 juta kepada sekcam Adotim Ismail Daton,SE kemudian sekcam meneruskan ke camat Adonara Timur Damianus Lama Wuran,SH .

Kepada media ini Damianus menjelaskan bahwa”Saya atasnama warga masyarakat Adonara Timur menyampaikan banyak terimakasih atas sumbangsi saudara saudaraku sekalian yang berada di Jayapura dan akan kami berikan kepada mereka yang berhak menerimanya dan karena kami melihat dilapangan bahwa khusus untuk anak anak sekolah belum tersentuh langsung seperti seragam sekolah mereka mulai dari jenjang pendidikan Paud,TK,SD,SMP sertan SMA maka kami mungkin akan lebih fokus kepada dunia pendidikan bagi anak anak yang terdampak, namun tidak terlepas dari korban mati 14 warga saya ini”,urai Dami wuran .

Diharapkan agar mekanisme penyerahan kepada para korban ini diupayakan sedemikian agar tidak menimbulkan konflik sosian antar warga yang berhak menerima dan karena pihak Pemerintah Pusat melalui Kemensos telah memberikan santunan sebesar 15 juta sebagai turut berbelasungkawa atas musiba ini maka kami akan berupaya untuk meneruskan sumbangan ini dalam proses pembagian lebih bijak lagi . Di tambahkan lagi terkait sembako yang ada saat kini masih bisa diberikan selama enam bulan kedepan sambil menunggu relokasi yang sedang kami upayakan bersama kepala desa dan Lurah serta Tuan tanah dalam waktu dekat ini .

Usai acara penyerahan di Pos Terpadu Waiwerang, Ikatan Tungku Flotim Papua menuju ke Kecamatan Ile Boleng guna membagikan 50 juta ke 4 desa yakni Desa Nele Lama Dike 30 juta, Desa Nobo 10 juta,Desa Nele Belolon 5 juta dan Desa Harubala 5 juta . Seperti disaksikan media ini bahwa Apresiasi dari Ketua Pos Logistik Kecamatan Ile Boleng Andreas Kewa Aman,SH dihadapan Koordinator Tungku Flotim Papua Matheus Mamun Sare,SH mewakili Pemerintah Kabupaten Flores Timur Kewa Aman menyampaikan rasa Terimakasih kepada sejumlah kelompok arisan keluarga yang terhimpun dalam wadah sosial di jayapura ini bahwa telah menyumbangkan 50 juta uang tunai ini atas rasa berprikemanusiaan terhadap para korban Bencana Banjir Bandang yang menelan 56 warga Desa Nele Lama Dike walau tinggal satu warga belum ditemukan hingga kini. Dalam sambutan Andreas menyampaikan bahwa untuk stok bahan makanan di posko logistik ini masih dapat disalurkan kepada para korban terdampak selama enam bulan kedepan, dan karena itu untuk uang tunai ini akan kami peruntukan empat desa dan difokuskan kepada anak anak sekolah untuk keperluan seragam sekolah mereka dan juga karena sebagian warga pengungsih telah kembali menempati rumah mereka yang masih dapat ditempati, walau sekitar 4 kepala keluarga memilih masih tinggal di pos ungsian tapi anak anak mereka harus sekolah maka akan kami fokuskan buat keperluan anak anak sekolah terlebih dahulu, seperti di sampaikan masing masing kepala desa mereka tadi .(bernard).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *