Setelah Datakan Kerusakan Akibat Bencana, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Peternakan Lembata Siapkan Bantuan Bagi Petani

Setelah Datakan Kerusakan Akibat Bencana, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Peternakan Lembata Siapkan Bantuan Bagi Petani

Mediasurya.com,Lewoleba – Kanisius Tuaq kepala Dinas pertanian tanaman pangan dan peternakan Lembata kepada media ini (28/4/2021) mengungkapkan bahwa pada masa tanggap darurat pihaknya membantu tangani posko pengungsi di SMPK St Pus dan dapur umum, dan setalah masa tanggap darurat 14 hari, dirinya dan semua satff dinas turun lapangan membantu petani melakukan panen jagung dengan posko di kantor dinas tetapi aktivitas di kebun warga terdampak banjir.

Baca juga ; Masyarakat Kecamatan Nagawutun Dan Wulandoni Bisa Ajukan Gugatan Class Action Jika Hak Dasarnya Tidak Di Penuhi Pemda Lembata

Kanis mengatakan, Paska bencana ini, dinas akan beli jagung warga terdampak bencana dengan harga pasar. Dan yang berikut kami juga sudah usulkan ke dinas propinsi dan kementrian untuk bantu mengatasi kerugian materil ternak maupun tanaman milik msyarakat yang di taksir mencapi 5 miliar.

“Kami akan bagikan bibit kepada desa yang mengalami bencna termasuk pengolahan lahan warga” ujar kanis Tuaq.

Baca juga ; Paulus Lembata, Direktur PT.Global Lembata KSO Proyek Jalan APBN Lembata, : ” Kami Gunakan BBM Industri”

Berdasarkan verifikasi dinas terang kadis pertanian bahwa, kerusakan padi yang belum dipanen terjadi di kecamatan omesuri dan lebatukan seluas, 57hekatr lahan kering. Sementara kerusakan pada tanaman jangung terjadi di kecamatan ileape, ileape timur, Omesuri, buyasuri dan Lebatukan seluas 168.97hekatr . Untuk tanaman kelapa kerusakan terjadi di kecamatan ile ape dan Omesuri seluas 1325 hektar.

Selain tanaman juga ada kematian ternak seperti, sapi 82 ekor di kecamatan ileape timur dan Omesuri, ternak petani yang juga mati akibat banjir adalah kuda sebanyak 11 di kecamatan ileape dan Omesuri, Untuk kambing terdapat 836 ekor dikecamatan ileape, Ileape timur, Omesuri dan Lebatukan. Ternak babi ada 351 ekor di kecamatan ileape, Omesuri dan Lebatukan dan terbanyak adalah unggas sebanyak 1815 ekor di kecamatan ileape,ileape timur,Omesuri dan Lebatukan. Unggas terbanyak di lamawolo karena ada peternk ayam petelur.


Kanis berjanji akan sekuat tenaga membntu petani meningkatan pendapatan pertanian dengan peningkatkan index pertanama dari satu kali menjadi dua kali.
Kalau lahan yang sama kita naikan IP bisa tingkatkan pertanian tetapi tidak semua karena akan dilihat dari sumber air yakni sumur bor, sungai dan persawahan ungkap kadis Pertanian Lembata.(Steny)

Share

One thought on “Setelah Datakan Kerusakan Akibat Bencana, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Peternakan Lembata Siapkan Bantuan Bagi Petani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *