Peduli Bencana Adonara, Tungku Flotim Jayapura Serahkan Bantu Bagi Para Korban

Mediasurya.com, Adonara – Tungku Flotim dari kota Jayapura yang dinahkodai Stanislaus Dosinaen, peduli terhadap dampak bencana yang menimpah 7 kecamatan di Adonara, dengan mendatangi langsung korban bencana untuk menyerahkan donasi tahap kedua berupa uang tunai.

Baca juga ; Kunjungi Korban Banjir, Danrem 161/Wirasakti Ikut Upacara Pelepasan Anggota TNI AD Yang Membantu Korban Banjir Adonara.

Nilai dunasi Uang Tunai yang diserahkan tungku flotim bervariasi, dilihat dari kategori rumah rusak berat atau ringan. Menurut Pengurus Tungku Flotim dari Kota Jayapura yang berada di Adonara Matheus Mamun Sare,SH bahwa Berdasarkan Hasil Rapat bersama Anggota di Jayapura terhadap mekanisme bantuan Tunai ini walau kami dari kelompok sosial namun, harus diserahkan secara langsung kepada korban bencana dan disaksikan oleh pemdes atau sekdes setempat . Jika pihak kepdes tidak mau datang seperti di Desa Duwa Nur dusun waiburak kecamatan Adonara Barat itu, maka lewat BPD juga tidak apa apa, yang terpenting warga korban dapat dihadirkan untuk menerima langsung dan harus di vidiokan agar lebih memudahkan pertanggungjawabkan kepada teman teman di Jayapura .

Donasi kali ini juga dimaksudkan untuk membangun kembali Talud yang rusak akibat longsor, yang jika dikerjakan butuh material yang tidak sedikit, hingga Tungku Flotim dari Kota Jayapura memandang perlu untuk membantu sejumlah uang Tunai untuk meringankan biaya belanja material .


Seperti Desa Lewo Bunga dengan Runtuhnya Talud penahan batas lorong desa ini tidak bisa dipandang remeh, Barang kali inilah kelompok arisan Tungkuh Flotim ingin meringankan beban warga masarakat agar dapat dibangun kembali Talut penahan abrasi tanah pada lorong jalan dalam desa Lewobunga . Sementara di desa Duwa Nur kepala Desa berhalangan hadir karena sedang mengurus ternak kambingnya . Jawaban kepdes Duwa Nur via selulernya yang dikontak ketua BPD meminta Tungku Flotim untuk datang lagi keesokan harinya .

Usai pertemuan singkat di Desa Lewobunga rombongan Tungku Flotim dari Kota Jayapura melanjutkan perjalanan ke Desa Mangaaleng Kecamatan Kelubagolit untuk membantu dua warga desa mangaaleng yang mengalami kerusakan Rumah Tinggal tertimpah pohon banyan akibat terpaan angin siklon saat itu . Sekedar menambah biaya perbaikan Rumah mereka Tungku Flotim memberi 10 juta kepada korban yang mengalami kerusakan Rumah untuk kedua warga tersebut .

Di saksikan anggota dan ketua BPD yang baru di ruangan Balai desa Mangaaleng . Dalam sambutan BPD Mangaaleng setelah penyerahan sumbangan, menyampaikan rasa terimakasih mewakili masarakat dan Pemerintah Desa Mangaaleng kepada Tungku Flores Timur atas sumbangsi dan Kepedulian terhadap kedua warga masarakat Mangaaleng yang mengalami Bencana Badai siklon Seroja april lalu.

Baca juga ; Aliansi Masyarakat Bersatu Lembata, Minta DPRD Lakukan Paripurna Berhentikan Bupati Lembata

Tungku Flotim dari Jayapura dengan tidak memperlambat waktu terus berpamitan menuju ke desa Sagu kelapa tiga. Perjalanan panjang seharian penuh melelahkan namun, semangat Tungku Flotim tidak menyerah, walau gelap malam mengiringi perjalanan terus memacu dengan waktu kian larut, rombongan terus mendatangi para korban demi sebuah Kemanusiaan dan sampailah di dusun kelapa tiga desa Sagu malam itu juga bertatapan langsung dengan kepala Desa dan warga korban kerusakan Rumah Tinggal sebanyak 18 KK .

Mengawali pertemuan ketua tim Donasi Matheus Mamun Sare,SH menyampaikan maksud dan tujuan demi kemanusiaan atas Bencana Seroja yang memporak porandakan rumah warga hingga Tungku Flotim memberikan sedikit uang Tunai 25 juta untuk menambah biaya perbaikan .

Rombongan Tungku Flotim berpamitan malam itu menuju Rumah ketua Tim di Desa Mangaaleng guna memantapkan proses pendistribusian selanjutnya pada keesokan hari di dua titik lainnya, lantaran sang ketua tim Tungku Flotim dari Jayapura ini renMcananya akan ke jakarta demi Tugas lainnya sebagai Advokat hingga selanjutnya akan dilanjutkan oleh pengurus Tungku Flores Timur yang berada di Adonara .***bernard**

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *