Kasdim 1624/Flotim Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Di Aula Makodim 1624/Flotim

Mediasurya.com,Larantuka – Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Kodim 1624/Flotim menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 secara virtual yang di laksanakan di Aula Makodim 1624/Flotim yang di pimpin oleh Kasdim 1624/Flotim, Mayor Inf Dedi Yudo Baskoro serta diikuti para Perwira dan perwakilan anggota Staf Makodim.Selasa (01/06/2021). Pukul 08:30 Wita.

Baca juga; Bentuk Kemanunggalan TNI , Babinsa Koramil 1624-01/Larantuka Panen Perdana Tanaman Sorgum.

Tanggal 1 Juni 2021 diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila dan direncanaakan upacara akan dilaksaanaan secara virtual langsung dari Gedung Pancasila jakarta pusat.

Pancasila Istilah yang merujuk pada lima pilar yang menjadi dasar berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia itu pertama kali dikemukakan pada 1 Juni 1945. Selasa (01/06/2021).



Komandan Kodim 1624/Flotim, Letkol Czi Imanda Setyawan, S. T., M.I P menyampaikan bahwa Upacara peringatan hari kelahiran Pancasila pada 1 Juni 2021 sendiri dilakukan oleh seluruh daerah di Indonesia.

“Upacara peringatan hari kelahiran Pancasila dipusatkan di Gedung Pancasila Jakarta dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo yang diikuti secara virtual oleh anggota kodim 1624/Flotim di Aula Makodim 1624/Flotim,” ungkap Dandim.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Dandim 1624/Flotim, “Berhubung masih dalam kondisi pandemi Covid-19 maka upacara hanya terbatas diikuti beberapa perwakilan saja.”



Acara terbagi menjadi empat bagian, yaitu persiapan, pendahuluan, kebesaran, dan penutup. Kemudian, dalam acara pendahuluan, ada laporan perwira upacara, setelah itu Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara tiba di tempat upacara dan memberikan salam kebangsaan.

Lanjut Dandim menyampaikan, peringatan hari lahir Pancasila disetiap tanggal 1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengkokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa dan dalam bernegara.

“Yang harus kita waspadahi adalah meningkatnya refalitas dan kompetisi termasuk refalitas antar pandangan juga refalitas nilai-nilai dan refalitas antar idiologi, idiologi trans nasional cenderung semakin meningkat memasuki lini berbagai kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi ,”Ujarnya.



Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang berke Indonesiaan,saya mengajak seluruh aparet pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat,para pendidik, kaum professional,generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dlam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan.

Lanjut Dandim, menyampaikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Flotim dan Kabupaten Lembata diimbau untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 (satu) hari pada tanggal 1 Juni 2021.

Baca juga ;Bentuk Kemanunggalan TNI , Babinsa Koramil 1624-01/Larantuka Panen Perdana Tanaman Sorgum.

Masyarakat pun diminta untuk tidak mengadakan kegiatan/aktivitas peringatan yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak atau massa pada suatu lokasi.

Meskipun diperingati secara virtual, namun tidak mengurangi makna hari bersejarah ini yaitu lahirnya pancasila tanggal 1 Juni 2021.””(Pendim Flotim).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *