Jaga Keadaan Fisik Prajurit, Anggota Kodim 1624/Flotim Laksanakan Rikkes Berkala Ta. 2021.

Mediasurya.com, Larantuka – Dalam rangka meningkatkan kesehatan fisik dan mental prajurit, Kodim 1624/Flotim melaksanakan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala bagi prajurit Kodim di Aula Makodim 1624/Flotim, Jln. Udayana No. 1 Kelurahan Lokea, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flotim. Pada Jum’at, (04/06/2021) Pukul 08:00 Wita.

Baca juga ; Pendisiplinan Prokes Di Pelabuhan Larantuka Terus Dilakukan Babinsa Koramil Larantuka Bersama Polres Flotim

Kegiatan ini dengan tujuan agar kesehatan seluruh prajurit Kodim 1624/Flotim dapat terjaga dan terkontrol. “Selain untuk memeriksa, kegiatan ini juga sekaligus mengecek kesiapan kesehatan prajurit dalam menghadapi tugas-tugas yang diemban terutama para babinsa yang melaksanakan tugas teritorial,” ungkap Komandan Kodim 1624/Flotim, Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T., M.I.P

Menurutnya, dengan adanya pemeriksaan berkala, nantinya prajurit Kodim 1624/Flotim dapat mengetahui kondisi kesehatannya masing-masing, sehingga jika ada penyakit yang terdeteksi, dapat dicegah atau ditangani dengan segera, agar tidak semakin parah. Katanya.


Lanjut Dandim. “Banyak orang yang merasa sehat, tidak pernah ada kendala dalam kesehatan. Namun tiba-tiba yang bersangkutan mengalami gangguan kesehatan ketika sedang beraktifitas,” terang Dandim.

“Hal itu dikarenakan kurangnya pemeriksaan kesehatan berkala dan kurangnya kepedulian terhadap kesehatan diri,” sambungnya.

Lanjut Letkol Imanda, menerangkan,”Pelaksanaan Rikkes berkala bagi anggota kodim 1624/Flotim sebagai bentuk kepedulian komando atas dan untuk mengetahui sejauh mana kesehatan seseorang prajurit khususnya Anggota kodim 1624/Flotim, sehingga mengetahui kondisi fisiknya masing-masing,dengan tujuan agar tidak menghambat dalam melaksanakan tugas kesehariannya,”pungkasnya.



Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan umum (tensi darah, tinggi badan, berat badan dan nadi), gigi, mata, ambeien, varikokel, penyakit dalam, THT, laboratorium (darah, urine) dan Rontgen serta pemeriksaan jatung (EKG).

Adapun personil dari team Kesrem 161/Wira Sakti di antaranya, Tim Kesehatan dari Dentasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 09.04.01 Kupang Korem 161/Wira Sakti yang dipimpin langsung oleh Pasiminkes Denkesyah Kupang (Lettu Ckm Anselmus) didampingi Dokter Rumah Sakit Tentara (RST) Denkesyah Kupang (Lettu Ckm dr. Rukmana W.) beserta 3 orang anggota personil Denkesyah Kupang.

Turut hadir dalam kegiatan Rikes Berkala. Mayor Inf Dedi Yudo Baskoro ( Kasdim 1624/Flotim), Danramil 01/Larantuka, Kapten Inf Paulus Ibi Weking, Danramil 02/Adonara, Kapten Inf Achmad Satyadi Jatmiko, Danramil 03/Lewoleba, Kapten Inf Horiyanto, Danramil 04/Omesuri, Letda Inf Hamzah Bay, Danramil 05/Solor Kapten Inf Jhon Andreas Repi, Danramil 06/Wulanggitang, Letda Inf Muhammad Thuri, Danramil 07/Wulandoni, Lettu Inf Lodovikus Bataona.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *