Setelah Dua Bulan Terpendam Dalam Lumpur, Satu Korban Banjir Nelelamadike Ditemukan

Mediasurya.com, Nelelamadike – Masa Tanggap darurat dan pencarian korban banjir bandang desa Nelelamadike Adonara telah dihentikan dua bulan lalu, meski masih ada korban yang belum ditemukan, warga yang selamat kembali beraktifitas membersihkan puing-puing bencana dan Kamis (3 /6/2021) dikejutkan dengan ditemukan sosok pria yang terbenam dalam lumpur di halaman rumah warga di desa Nelelamadike.

Baca juga ; AMETPRAT, RITUAL PENGAKUAN DAN PERMOHONAN WARGA NELEBLOLONG ADONARA, KEPADA GUNUNG ILEBOLENG DI DESA HELANLANGOWUYO

Jasad yang masih bisa dikenali tersebut ternyata adalah warga desa Nelelamadike, Kornelis Kopong Mukin alias Suban Ola (42) yang selama ini dicari dan kini ditemukan utuh meski dua bulan tertimbun lumpur sisa banjir bandang yang menimpa desa tersebut.

Penemuan yang tidak diduga ini bermula ketika, Ambrosius Bale Pedan (40) melakukan pembersihan halaman rumah dan kintal miliknya dengan bantuan alat berat eksavator.

Kurang lebih Sekitar pukul, 15.20 wita alat berat yang sedang beroperasi tersebut, merasakan keanehan seperti menyentuh sesuatu yang tidak lasim, dan hal ini tentu membuat kaget operator dan warga yang ada, setelah dilakukan penggalian dengan hati-hati, ternyata ada sesosok tubuh manusia yang terbenam di balik lumpur yang mengering.

Ambros Bale Pedan yang merupakan paman dari almarhum Kornelis kopong mukin kaget dan tidak menyangka menemukan ponaannya sendiri setelah dua bulan masa pencarian dilakukan oleh pihak berwenang baik secara manual, menggunakan alat berat maupun anjing pelacak namun tidak membuahkan hasil.

Korban banjir bandang yang terbenam dalam lumpur yang mengering tersebut diduga tergores gigi Eksa pada bagian kepala tetapi jasad korban dalam keadaan utuh.

Baca juga ; Peduli Bencana Adonara, Tungku Flotim Jayapura Serahkan Bantu Bagi Para Korban

“Penemuan ini tidak disangka-sangka, operator Eksa juga tidak sengaja saat mengeruk sisa lumpur yang tertimbun lantas menemukan jasad kopong mukin. Meskipun sedih menemukan ponaan saya sudah tidak bernyawa tetapi kami bersyukur kepada Tuhan, leluhur Lewotanah dan alam ini yang telah menjawab pencarian kami selama ini ” ujar Ambros dengan terbata-bata sedih.

Setelah jasad Kopong mukin ditemukan, saya langsung melalui sambungan seluler kepada kepala desa Pius Pedang Melai,SM menyampaikan ada temuan korban satu lagi dan ternyata korban Suban Ola yang selama ini telah diupayakan pencarian.

“Dengan bantuan berbagai pihak baik BNPB, BPBD, maupun elemen lain yang telah bekerja maksimal untuk kami namun tidak menemukan hingga kemarin tanggal 3 juni 2021 soreh, atas bantuan alat berat yang bermaksud membersihkan pekarangan ternyata Tuhan telah menjawab pencarian kami selama ini. Tepat dua bulan Suban Ola berkalang tanah liat, tetapi kami bersyukur jasadnya masih bisa kami temukan sehingga bisa dikuburkan dengan layak” ujar paman korban Ambros bale Pedan.

Hari ini jasad almarhum, Kornelis Kopong Mukin dikebumikan secara layak oleh pihak keluarga dan dihadiri sejumlah warga desa Nelelamadike maupun pemda Flotim yang diwakili oleh sekretaris BPBD, Tarsisius kopong Pira.SE

Bencana Badai Tropis Seroja, 4 April 2021 lalu masih menyisahkan Duka mendalam bagi Warga masyarakat Adonara dan Keluarga Besar Suku Ata Mukin di Desa Nelelamadike Kecamatan ile Boleng saat kini.
Penulis; Bernadus naragere#editor;ms

Share

One thought on “Setelah Dua Bulan Terpendam Dalam Lumpur, Satu Korban Banjir Nelelamadike Ditemukan

  1. Selama kita tulus memohon dengan mengakui kelalaian kita dan dengan sungguh-sungguh minta ampun pasti Tuhan dan Ina Ama lewotana mengampuni dan memberi petunjuk dan kemudahan dalam segala urusan..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *