Atasi Kesulitan Air Bersih, TNI Kodim 1624/Flotim Bangun Pompa Hidram Di Desa Lewobele Dan Desa Kolipetung.

Mediasurya.com, Flotim – Setiap musim kemarau puluhan kepala keluarga di Desa Lewobele Kecamatan Lewolema dan Desa Kolipetung Kecamatan Adonara, Kabupaten Flotim, menjadi permasalahan tersendiri dalam memenuhi kebutuhan air bersih dalam kehidupan sehari hari, untuk mengatisipasi hal itu anggota Kodim 1624/Flotim bersama Masyarakat bahu membahu untuk mulai laksanakan pengumpulan bahan bahan untuk memasang alat perlengkapan untuk program pompa hidram dari Kodam IX/Udayana. Baca juga : Stok Oksigen Mencukupi, Masyarakat Lembata Diminta Tenang.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1624/Flotim, Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T., M.I. P., ditengah kesibukannya, Pada Rabu (28/07/2021).

Air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat, apalagi saat musim kemarau, kesediaan air termasuk air bersih sulit untuk didapatkan, Seperti yang dirasakan ratusan warga di Desa Lewobele Kecamatan, Lewolema Kabupaten Flotim dan di Desa Kolipetung, Kecamatan Adonara, Kabupaten Flotim. Yang bertahun-tahun harus berjalan kaki puluhan bahkan ratusan kilometer untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan hidup sehari-hari.



Membantu memberi solusi keadaan tersebut guna membantu kesulitan masyarakat sekitar dan menindak lanjuti program pompa hidram Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di wilayah Kodim 1624/Flotim di dua kecamatan yaitu Kecamatan Lewolema dan Kecamatan Adonara. Maka anggota Kodim 1624/Flotim membantu mengatasi kesulitan warga untuk kemudahan pemenuhan kebutuhan air dari sumber mata air yang ada, dengan menggunakan pompa hidram yang memanfaatkan grafitasi beda tinggi, antara sumber mata air dengan pompa, sehingga tidak lagi menggunakan listrik maupun bahan bakar minyak. Kata Dandim Imanda.

Lanjut Dandim, “Nantinya air akan terangkat sepanjang satu kilometer sekaligus bisa dialirkan ke masing-masing rumah warga , sehingga nantinya warga tidak lagi kesulitan air bersih saat musim kemarau. Ujarnya.



Warga pun merasa sangat terbantu dengan adanya pompa hidram ini, karena masih ada warga yang belum bisa mendapatkan air. Sehingga disetiap musim hujan ataupun kemarau tetap kekurangan air bersih. Karena lokasi tempat tinggalnya berada di dataran tinggi sehingga tidak ada sumber mata air.

Lanjut Dandim Imanda, “mengatakan, pemasangan pompa hydram ini menyasar wilayah yang warganya sulit mengakses atau mendapatkan air bersih karena kondisi alam yang menyulitkan. Namun, kondisi alam yang sulit harus dijadikan teman/sahabat sehingga ini tidak menjadi rintangan namun jalan keluar membantu masyarakat.



Saat ini dalam Proses Pengerjaan bersinergi Kodim 1624/Flotim Bersama Pemerintah Daerah beserta masyarakat dengan Proses pekerjaan secara keseluruhan sudah mencapai 5,2% yang meliputi pekerjaan persiapan bahan material, semoga dengan bersinergi semua dapat lebih mudah dan cepat dalam pengerjaannya, Harap Dandim ( Pendim 1624/Flotim).

Share

11 thoughts on “Atasi Kesulitan Air Bersih, TNI Kodim 1624/Flotim Bangun Pompa Hidram Di Desa Lewobele Dan Desa Kolipetung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *