Anggota Babinsa Kawal Ketat Pelaksanaan Tracing Kontak Erat Di Desa Binaannya.

Mediasurya.com,Larantuka _ Babinsa seakan menjadi ujung tombak TNI-AD dalam upaya memutus rantai penyebaran pandemi Covid 19, di setiap wilayah. Bahkan, kehadiran Babinsa dinilai sangat penting untuk mengetahui tingkat pelonjakan Covid 19. Di Desa Binaannya.
Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Brondong, Koptu Eko Purnomo dengan instansi terkait ketika melakukan tracking bersama Puskesmas Ilebura, tepatnya di Desa Nurabelen, Kecamatan Ilebura, Kabupaten Flotim. Pada Kamis, (12 Agustus 2021. Baca juga ; Yakinkan Masyarakat Patuhi PPKM , Babinsa Koramil 03/Lewoleba Patroli Bersama Polres Lembata.

Kegiatan itu untuk memudahkan petugas Covid,” ujar Dandim, Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T., M.I.P

Dijelaskan Dandim, traching merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh tenaga kesehatan dan Babinsa untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pandemi.

“Ini rutin dilakukan, jadi boleh. Babinsa harus jadi ujung tombak dan harus bersinergi dengan pihak terkait,”. Baca juga ; Plt. Kadis PMD Lembata Mundur Dari Jabatan, Sebastian Edo ; “Sebagai ASN Paskalis Jangan Di Berikan Pedang Politik”

Lanjut Dandim, “mengungkapkan, keterlibatan anggota Kodim 1624/Flotim dalam pelaksanaan tracing ini, adalah untuk mendampingi tim kesehatan dalam hal pendataan, serta mengecek kesehatan warga yang kontak langsung dengan pasien Covid-19.

Koptu Eko Purnomo mengatakan, bahwa tracing atau pelacakan yang dilakukannya bersama tim satgas Covid-19 ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di wilayah binaanya.

Selain melakukan tracing, kami juga memberikan semangat kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Ini kami lakukan dengan tujuan untuk memberikan dukungan moril, sehingga diharapkan bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri memiliki semangat yang tinggi untuk sembuh, ungkapnya.

Sementara itu Koptu Eko Purnomo, menyampaikan kepada masyarakat bahwa hanya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat maka penyebaran Covid-19 akan dapat dikendalikan.

Lebih lanjut Eko Purnomo mengatakan, sesuai apa yang menjadi petunjuk dan arahan dari Komandan Kodim (Dandim) 1624/Flotim, Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T., M.I.P pihaknya akan berperan aktif dalam mensukseskan PPKM skala mikro dengan terus melaksanakan himbauan, sosialisasi dan edukasi terkait protokol kesehatan. Serta akan aktif melaksanakan 3T (Testing,Tracing dan Treatment). Dengan demikian diharapkan penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kecamatan Ilebura akan dapat dikendalikan, pungkasnya. (Pendim 1624/Flotim).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *