Kabid Perhubungan Laut Flotim Klara Fernadez ; Dokumen Kapal Elang Laut Tidak Ada Di Kami Jadi, Kami Tidak Tahu Kapal Berapa GT Dan Bobot Muatan Saat Celaka Tetapi Diduga Kapal Kelebihan Muatan”

Mediasurya.com,Larantuka_ Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Flores Timur Klara Fernandez, ditemui media ini diruang kerjanya (30/8/2021) mengatakan, bahwa kapal naas elang laut diduga tenggelam karena kelebihan muatan. Dan dokumen kapal tidak ada dinas perhubungan. Baca juga ; Warga Flotim Bertanya-Tanya Siapa Pemilik Dugaan Kelebihan BBM Yang di Angkut Kapal Naas Elang Laut Yang Tenggelam Di Perairan Waibalun?
Hal ini disampaikan Fernandez saat dikonfirmasi awak media terkait tenggelamnya kapal elang laut diperairan waibalun saat mengangkut BbM menuju Solor.

Klara Fernandez mewakili Plt.Kadis Perhubungan Zaiman Peten Sili yang tengah berduka mengatakan, bahwa selama ini yang diurus dinas perhubungan Flotim itu soal dokumen kapal penumpang dan barang. Dan pihak perhubungan juga menarik retribusi soal pemanfaatan labu tambat dan jety tetapi tidak semua karena selama ini yang diatur dinas perhubungan adalah labu tambat pantai palo dan Jeti lamawalang.

Fernadez membenarkan bahwa laporan soal kapal pengangkut BBM yang tenggelam sudah sampai ke dinas secara lisan oleh staf lapanan saat kapal tenggelam 12 Agustus 2021 lalu.
“Laporan kapal tenggelam sudah disampaikan secara lisan tanggal, 12 Agustus 2021 lalu, karena ada staf kami di lapangan.jelas Klara.

Lanjut Kabid laut ini bahwa Plt. Kadis sudah perintah untuk pihak pengelola kapal atau pun nahkoda juga ABK untuk bawa dokumen ke kantor meskipun hingga kini belum namun, ada dugaan kelebihan muatan. Jelas Fernadez.

Penetapan kapal pengangkut itu bagian ekonomi. Kami hanya mengatur soal pelabuhan dan izin muat penumpang. Aktifitas kami di jtp lamawalang soal pemanfaatan pelabuhan. Baca juga; Cegah Penyebaran Covid 19, Kodim 1624/Flotim Gelar Kembali Vaksinasi Tahap Kedua

Fernadez mengatakan, untuk keselamatan penyebrangan itu kewenangan Syahbandar sementara Kami hanya soal perizinan.
Ditanya terkait dokumen kapal elang laut, Kabid laut Dinas perhubungan ini mengatakan, Dokumen tidak ada di kami dan mungkin semua ada di bagian ekonomi. Dilapangan kami hanya dilaporkan soal muatan selebihnya tidak dilaporkan ke kami. Terang Fernandez.

Ibu muda ini menegaskan bahwa dinas perhubungan Flotim sejak awal berpegang pada sop yakni mengatur dokumen penyebrangan orang dan barang, tidak untuk BBM. Baca juga ;Dandim 1624/Flotim Didampingi Danramil 05/Solor Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Di MTs. N 2 Flotim.

Sebenarnya kami saling berkoordinasi dengan bagian ekonomi tapi selama ini tidak jalan.
Yang kami kelola hanya pantai aplo sementara di lamawalang dinas hanya ambil retribusi. Dan dokumen kapal yang ada di kami itu kurang lebih 28 kapal.

Kapal Elang laut tanpa dokumen karena memang dokumen tidak ada pada kami dan selama ini kami sudah sering ingatkan pihak bagian ekonomi Setda Flotim tetapi diabaikan.
Untuk di JTP Lamawalang retribusi yang kami ambil untuk Pas masuk Roda empat lima ribu, muatan perton 1500 rupiah, perawatan pelabuhan 1000, Labutambat 1000 sementara soal Dokumen kapal dan pengawasan muatan dan juga pelayaran ditangani langsung bagian ekonomi Setda Flotim.

Kabag Ekonomi Setda Flotim Nong Mitak dalam perbincangan singkat dengan awak media zonaline.com mengatakan bahwa dirinya tahu siapa yang membesar-besarkan berita ini, menurutnya ini ada faktor ketidaksukaan.

“Kadis perhubungan itu mendengar dari sumber yang punya ketidaksukaan. Kapal elang laut tenggelam ini faktor alam. Karena saat berlayar tidak ada gelombang,laut tenang dan muatan juga sesuai kapasitas jelas Kabag ekonomi. Baca juga ; Ahmad Yohan Gandeng Bank Mandiri Serahkan Bantuan Mobil Ambulance, Untuk Flotim #Dandim 1624/Flotim Silaturahmi Dengan Orangtua Calon Siswa Secaba PK TA. 2021

Kapal elang laut muat ketika musibah itu dibawah kapsitas. Pengawasan itu di kami dan saya sering ingatkan mereka di bawah agar semua kapal yang muat sesuai dengan kapasitas kapal.

Kabag ekonomi juga mengatakan bahwa, surat kapal lengkap kalau tidak lengkap dirinya tidak mungkin berikan izin.

Share

2 thoughts on “Kabid Perhubungan Laut Flotim Klara Fernadez ; Dokumen Kapal Elang Laut Tidak Ada Di Kami Jadi, Kami Tidak Tahu Kapal Berapa GT Dan Bobot Muatan Saat Celaka Tetapi Diduga Kapal Kelebihan Muatan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *