Pemda Lembata Akan Carikan Solusi Terkait Duang Wangatoa

Mediasurya com,Lewoleba_ Wakil Bupati Lembata Dr.Thomas Ola dalam pertemuan bersama IKA wanted (4/9/2021) mengaku baru mengetahui bahwa duang Wangatoa yang oleh pemerintah telah dibangun fasilitas pendukung ternyata bulan milik Pemda. Baca juga ; Minimalisir Kerja Juru Pajak,Pemda Lembata Akan Digitalisasi Pungutan Pajak Dan Retribusi

Hal ini terungkap saat Plt Bupati Lembata Thomas Ola Langoday bertemu kelompok pemuda IKA Wanted yang hendak mengelola tempat tersebut, Thomas Ola Langoday mengaku baru mengetahui hal tersebut Anggota IKA Wanted, Alvian Rayabelen, menyampaikan kepadanya bahwa pembersihan lokasi Taman Duang dalam rangka penataan sementara dihentikan karena ada pengaduan keluarga Hadung Boleng.

Alvian juga menunjukkan surat penyampaian dari Camat Nubatukan kepada pengurus IKA Wanted tentang pemberhentian sementara aktivitas penataan di Taman Duang Wangatoa.
Salah satu alasannya adalah pengaduan dari Yanto Hadung Boleng dan Thomas Hadung Boleng mengenai pemanfaatan Taman Duang Wangatoa.


“Selama ini kita pikir ini pemda punya karena pemda yang bangun ini semua.
Secara administrasi di bagian aset tidak ada. Hanya ada kesepakatan lisan antara keluarga Hadung Boleng dan Pemda Lembata. Berarti aset ini pemda keluarkan uang tapi statusnya tidak jelas juga,” kata Thomas Ola Langoday.

Akan tetapi, dia memastikan masalah ini akan diselesaikan oleh pemerintah daerah dan keluarga Hadung Boleng.
Tugas Pemda adalah cari solusinya. Pemda mau fasilitasi supaya tempat ini lebih bermanfaat,” ujar dia. Baca juga ; Koramil 07/Nagawutung Berkerjasama dengan Pemda Lembata dan Polsek Kerja Bakti Di Lokasi Bencana

Masalah ini menurutnya menjadi pelajaran supaya pemerintah daerah tidak membangun di atas status tanah atau aset yang belum jelas. Sebaliknya, pemda harus membangun di atas aset yang jelas. Kalau tidak, maka pembangunan itu tidak bisa masuk di dalam daftar buku aset milik pemerintah daerah.

Mantan dosen Unwira Kupang ini menambahkan tugas pemda saat ini ialah mencari solusi supaya Taman Duang bisa dikelola lagi oleh IKA Wanted secara baik dan bermanfaat sebagai ruang terbuka hijau.

Oleh sebab itu, akan ada pertemuan antara pemerintah kecamatan Nubatukan dan keluarga Hadung Boleng guna mencari solusi terbaik pemanfaatan Taman Duang Wangatoa.

Dia mengapresiasi langkah pemuda IKA Wanted yang sudah melakukan inovasi menyambut penataan kota Lewoleba. Itu artinya anak-anak muda sudah mulai berpikir perihal penataan kota dan ambil bagian langsung di dalamnya.
“Kita salut apa yang dilakukan Wanted. Ini supaya ruang terbuka hijau lebih optimal,” pungkasnya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *