Kam. Apr 18th, 2024

Wakil Bupati Lembata,Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor Di Nagawutun

By media surya.com Sep 6, 2021

Mediasurya.com,Lembata_ Pelaksana tugas bupati Lembata, Thomas Ola Langoday, Minggu ,pagi (5/9/2021) meninjau lokasi bencana di Babokerong dan Warawatung di Kecamatan Nagawutung. Baca juga ; Pemda Lembata Akan Carikan Solusi Terkait Duang Wangatoa
Plt Bupati Lembata Thomas Ola Langoday bersama Camat Nagawutung Mustang Bali dan rombongan meninjau lokasi bencana banjir di Desa Babokerong dan setelah itu meninjau lokasi bencana lonsgsor di Warawatung Kecamatan Nagawutung.
Plt Bupati Thomas Ola Langoday yang dihubungi media ini mengatakan banjir yang merendam rumah warga di Babokerong disebabkan banyak faktor misalnya jalan yang dibangun tidak ada drainase yang mengakibatkan rumah rumah warga di bagian Selatan Babokerong terendam banjir.
Ia mengatakan banjir yang datang dari gunung, tidak ada saluran sehingga banjir masuk kampung. Karena itu lanjutnya mesti dibuka saluran baru yang menghubungkan kali dari atas gunung ke Desa Babokerong. “ Setelah buka saluran dari atas gunung maka kita buat gorong gorong dan drainase yang baik sehingga ketika musim hujan, air dari atas gunung tidak masuk ke kampung dan merendam rumah warga”
Ia mengatakan baru hujan awal sudah banjir seperti ini, karena itu masyarakat diminta untuk tetap waspada. Plt Bupati Thomas mengatakan dirinya sudah menyampaikan kepada seluruh camat dan para kepala desa agar mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, jangan membuang sampah sembarang, membabat hutan. Ia mengatakan ketika masyarakat membuang sampah disembarang tempat seperti buang sampah di got maka ketika hujan turun, air tidak mengalir dengan baik dan mengakibatkan banjir.


Selain itu melalui camat dan kepala desa, masyarakat diimbau agar saat bangun rumah dan pagar rumah jangan terlalu dekat dengan jalan, karena nanti kesulitan untuk bangun drainase. Ia juga mengatakan jangan membuat pagar rumah setinggi tiang listrik.
Usai meninjau lokasi banjir di Babkerong, Plt Bupati Lembata bersama rombongan menuju lokasi tanah longsor di Warawatung. Longsoran di Warawatung menyebabkan jalan putus. Tanah longsor yang terjadi Jumat malam (3/9/2021), menyebabkan material batu, tanah dan pasir timbun badan jalan. Ada empat titik longsoran di Warawatung.

Untuk diketahui hujan dengan intensitas tinggi selama tiga malam , Rabu-Jumat ( 2-4 September 2021) di wilayah selatan Kabupaten Lembata menyebab tanah longsor dan banjir di Kecamatan Nagawutung

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

5 thoughts on “Wakil Bupati Lembata,Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor Di Nagawutun”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *