Dukung Kegiatan BMKG, Pemda Lembata Bakal Bangun Jety Di Napasabok

Mediasurya.com,Lembata_Dalam upaya mendukung kerja Badan meterologi,Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di kabupaten Lembata guna mendeteksi bencana, Pemda bersedia membangun jety atau jembatan Titian di desa Napasabok kecamatan Ile ape. Hal ini disampaikan Pelaksana tugas Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday kepada awak media, Selasa (7/9/2021). Baca juga ; Wakil Bupati Lembata,Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor Di Nagawutun

Plt.Bupati mengatakan pemerintah tentu akan bangun dermaga atau jeti di Napasabok. Menurutnya pemasangan automatic water lever (AWL) sangat penting di Lembata khususnya di wilayah Ile Ape, untuk mendeteksi tsunami atau fenomena lain di laut di sekitar gunung Ile Lewotolok.

“Pemerintah tentu akan bangun dermaga atau jeti di Napasabok untuk kepentingan pemasangan alat deteksi tersebut, pasti pemerintah bangun” kata Plt Bupati Thomas sebelum mengikuti rapat dengan pihak BPJS di ruang rapat bupati,


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat memasang automatic water lever (AWL) di sekitar gunung Ile Lewotolok. AWL ini berfungsi untuk mendeteksi permukaan ari laut atau mendeteksi atau mengantisipasi tsunami yang dipicu oleh longsoran akibat erupsi Gunung Ile Lewotolok.
BMKG baru memasang satu alat AWL di jeti Hadakewa Kecamatan Lebatukan 2 September 2021 lalu. Namun satu alat AWL belum bisa dipasang di Napasabok Kecamatan Ile Ape karena belum ada jeti atau dermaga untuk memasang AWL tersebut.
Sebelumnya kepala Stasius Geofisika Kelas I Kupang, Margiona mengatakan untuk memasang AWL tersebut harus didukung dengan pendukung lainnya, misalnya mesti ada dermaga atau jeti, sinyal, pasang surutnya tidak terlalu jauh, air laut disekitar alat tersebut harus homogen (tidak banyak batu), alat AWL tidak boleh kena percikan air laut, AWL yang dipasang harus aman, terhindar dari pencurian.
Karena itu Margiona meminta pemerintah untuk membangun jeti di Napasabok sehingga pihak BMKG bisa pasang satu AWL. Ia mengatakan, AWL ini prioritas untuk Kabupaten Lembata, namun jika pemerintah tidak bangun jeti atau dermaga di Napasabok maka AWL tersebut bisa pasang di daerah lain.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *