Komisi Satu DPRD Lembata Harap, Pilkades Serentak Berjalan Aman Dan Damai.

Mediasurya com,Lewoleba_ Rapat kerja yang digelar komisi satu DPRD Lembata dan Dinas PMD terkait pelaksanaan Pilkades serentak di 144 desa seluruh Lembata (16/10/2021) berjalan tenang meski, sedikit ketegangan ketika ada anggota komisi satu meminta penjelasan PMD terkait, pernyataan Asisten Kedang Paulus yang dimuat pada salah satu media yang menyebutkan bahwa, ada oknum anggota DPRD mengintervensi pelaksanaan Pilkades. Baca juga ; Jalan Lingkar Selatan Lembata Sepanjang 18 KM Siap Di Kerjakan.

Dalam rapat tersebut DPRD Lembata berharap, gelaran Pilkades serentak tahun 2021 ini, berjalan dengan baik sesuai regulasi dan menghasilkan 144 kepala desa definitif yang kompeten.
“Dari hasil kunjungan kerja kami bahkan dengan gabungan komisi, kami temukan beberapa persoalan, sehingga kami merasa penting untuk menghadirkan teman-teman dari Dinas PMD guna berikan klarifikasi atas informasi-informasi ini” ujar Paulus Toon Tukan, sekretaris komisi dari Fraksi Demokrat S14P.
“Beberapa hal yang kami temukan dalam kunker antara lain soal persyaratan bagi para calon, kemudian banyak calon yang digugurkan akibat dokumen persyaratannya tidak lengkap, lalu dari kewenangan yang dimiliki panitia tingkat desa secara regulasi memang tidak diatur mendetail namun secara khusus kami merasa kewenangan yang diberikan kepada panitia tingkat desa terlalu besar”.
Rapat kerja ink kami lakukan guna, menyampaikan hal-hal yang kami temui di lapangan sehingga jangan sampai ada calon yang di gugurkan atas dasar suka tidak suka. Ini yang sangat tidak kita harapkan. Kami berharap panitia bekerja sesuai regulasi dan juknis yang sudah diterima.
Sekretaris komisi I ini juga berharap warga 144 desa berpartisipasi sebagai calon Kades sehingga desanya tidak dipimpin oleh Penjabat Kades selama 1 periode atau 6 tahun mendatang.
“Terhadap beberapa desa yang harus lakukan penjaringan ulang, agar dilakukan sesuai regulasi dan kami harapkan partisipasi warga untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon sehingga pemimpin di desanya tidak diisi oleh Penjabat Kades selama 6 tahun.
“Resikonya besar jika tidak ada calon yang mendaftar dan tidak lolos seleksi. Desa akan dipimpin oleh Penjabat Kades. Penjabat Kades tidak punya visi misi karena hanya akan melakukan tupoksinya saja” tambahnya. Baca juga ; 72 Peserta Tak Ikut Seleksi CPNSD Di Lembata, Satu Orang Positif Rapid Antigen Covid 19
Sementara Ketua DPRD Lembata, Petrus Gero, juga berharap pelaksanaan Pilkades serentak tidak membuat keretakan hubungan kekerabatan dalam desa masing-masing.
“Sebagai ketua DPRD saya ingin menyampaikan bahwa struktur adat kita telah memberikan pembelajaran untuk saling menghargai karena ada hubungan kekerabatan didalamnya sehingga tidak boleh hubungan kekerabatan retak karena pesta demokrasi ini”.
“Oleh karena itu saya mendorong para Calon Kades dan tim sukses agar bertindak secara bijaksana sehingga melahirkan pemimpin yang dimiliki oleh Desa dengan tidak membuat keretakan hubungan kekerabatan hanya untuk seorang calon Kades”.Semangatmu Teladan Kami,Terima kasih Bagi Pejuang Otonomi Lembata, Petrus Gero Pimpin Upcara HUT Ke 22 Otda Lembata
“Kami dorong agar semua pihak terus berkomunikasi dan berkoordinasi yang kondusif sehingga pelaksanaan pilkades di 144 Desa berjalan aman, lancar dan sukses” harapnya lagi

Share

8 thoughts on “Komisi Satu DPRD Lembata Harap, Pilkades Serentak Berjalan Aman Dan Damai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *