Kabupaten Lembata Kembali Tuai, WTP Pengelolaan Keuangan Daerah

Mediasurya.com,Lewoleba_Setelah diawal tahun 2021 pemerintah kabupaten Lembata menerima opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan periksa keuangan (BPK), dipenghujung tahun 2021 ini, Pemda Lembata kembali mendapatkan piagam WTP dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI melalui KPPN Larantuka sebagai bentuk apresiasi opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas pengelola keuangan. Baca juga; Bupati Lembata Minta KPPN Berikan Pelatihan Keuangan Kepada 144 Kades Hasil Pilkades Serentak

Acara penyerahan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Lembata pada Jumat, (15/10/2021)
Tercapainya penghargaan opini WTP kepada Pemda Lembata berkat kerja keras para jajaran pemda dalam tata kelola keuangan APBD maupun APBN dan penyusunan laporan keuangan pemda yang dilakukan secara efektif efisien prudent transparan dan akuntabel, Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Bupati Lembata, Thomas Ola mengatakan untuk mencapai WTP butuh proses panjang. Karena itu BPK sudah turun dengan indikator-indikator menentukan bahwa apakah sudah pantas WTP, WDP dan sebagainya. Baca juga ; Komisi Satu DPRD Lembata Harap, Pilkades Serentak Berjalan Aman Dan Damai.
“Kami bersyukur bisa menerima WTP ini. Ini bukan kerjaan bupati melainkan pekerjaan seluruh komponen pemda,” kata Bupati Lembata.
Sementara itu, Kepala KPPN Larantuka Nengah Santi mengatakan dari 22 kabupaten/kota yang ada di Provinsi NTT, sebanyak 19 Pemda memperoleh opini WTP atas LKPD Tahun 2020. Dua (2) diantaranya yaitu Pemprov NTT dan Kabupaten Sikka memperoleh penghargaan atas capaian 5 (lima) kali berturut-turut memperoleh WTP. Baca juga ;Jalan Lingkar Selatan Lembata Sepanjang 18 KM Siap Di Kerjakan.
“Pada kesempatan ini, ijinkan kami mewakili Kementerian Keuangan untuk menyampaikan piagam WTP kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata sebagai apresiasi perolehan opini WTP oleh BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020,” ungkap Santi dalam sambutan pembuka.
Semoga capaian ini dapat dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya,” tambahnya.

Share

17 thoughts on “Kabupaten Lembata Kembali Tuai, WTP Pengelolaan Keuangan Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *