Rokok Ilegal Beredar Marak Di Lembata, Masyarakat Harap APH Ambil Tindakan.

Mediasurya.com, Lewoleba _ Merokok memang dilarang karena dapat menggangu kesehatan tetapi, kehadiran pabrik-pakbrik rokok di Nusantara tidak hanya memberikan dampak negatif namun juga positif karena banyak masyarakat Indonesia menyambung hidup dari pabrik rokok. Sementara itu di kabupaten Lembata, ada dugaan pihak-pihak mencari keuntungan dari bisnis rokok dengan menyebarluaskan rokok ilegal, hal ini ditandai dengan mudahnya konsumen menemukan rokok ilegal yang dijual bebas. Baca juga; Proyek Air Bersih WeiLa’in di Duga Syarat KKN, Masyarakat Berharap Polisi Dan Jaksa Periksa PPK dan Mantan Kadis PUPR Lembata.

Pantauan media ini, sejumlah pengusaha menjual rokok ilegal yang pita cukainya patut dipertanyakan.
Peredaran rokok ilegal yang luas Di Kabupaten Lembata memantik tanda tanya dan perdebatan dikalayak umum mengapa rokok ilegal ini bisa leluasa masuk dan lolos dari pantauan APH?
Publik mempertanyakan sejauh mana fungsi pengawasan pihak yang berwenang?
kita tahu sampai saat ini belum ada lembaga Bea cukai di kabupaten Lembata tetapi itu harusnya bukan menjadi alasan bereadarnya rokok ilegal di Lembata.
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sikap melalui Kabid advokasi studi kebijakan publik Rafael Ama Raya,SH.MH kepada media ini menjelaskan, rokok tanpa cukai tidak hanya melanggar ketentuan perundang-undangan namun juga merugikan negara.
Praktek jual beli rokok ilegal tersebut melanggar Undang-Undang RI No. 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 11 Tahun 1995 tentang Cukai yang secara tegas menyatakan, bagi para pihak yang menyalurkan dan menjual rokok ilegal merupakan tindakan pidana dan dapat dikenakan pidana penjara paling sedikit satu tahun dan paling banyak lima tahun serta denda paling sedikit dua kali nilai cukai dan paling banyak 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar. Baca juga; Masyarakat Minta Kejaksaan Negeri Lewoleba, Periksa Mantan Kadis PU Lembata Terkait Pembangunan Sarana Air Bersih WeiLa’in Kedang
Sudah tentu baik penjual maupun pembeli bisa dipidanakan terang Advokat muda. Ama Raya meminta peran APH lebih aktif dan masif untuk memerangi peredaran rokok ilegal saat ini ,apa lagi beberapa hari ini pemberitaan terkait peredaran rokok ilegal, menimbulkan keresahan serta kegaduhan Publik karenanya harus menjadi perhatian serius apalagi ini merupakan delik pengaduan umum semua pihak bisa melaporkan apa bila merasa dirugikan.
Rafael menyapaikan masyarakat harus berperan aktif serta mengawasi peredaran rokok ini jika ada yang merasa dirugikan silahkan melaporkan persoalan ini ke APH dan LBH sudah tentu akan memfasilitasi apa bila masyarakat membutuhkan pendapingan hukum tutupnya.(np/mst)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *