Soal Keputusan DPP Demokrat, Pengamat: Demokrasi di Parpol Mulai Hidup

Mediasurya.com,Kupang, -Menyoal putusan DPP Partai Demokrat yang menunjuk Leonardus Lelo menjadi Ketua DPD Demokrat Propinsi NTT Periode Tahun 2021/2026 pengamat menyebut prinsip demokrasi telah berjalan dengan baik. Baca juga ; Leonardus Lelo Ketua DPD Demokrat NTT, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Lembata, Tegak Lurus Keputusan DPP
“Prinsipnya, demokrasi telah berjalan di demokrat. Semua mekanisme sudah berjalan. Sekarang tinggal semua elemen mau terima keputusan DPP atau tidak. Soal seperti apa Leo Lelo, saya kira tidak perlu diragukan lagi. Kerelaan hati Pa Jeriko yang paling dituntut di sini,” ujar Pengamat Sosial Politik Universitad Nusa Cendana, Lasarus Jehamat, Selasa 04/01 petang.
Menurutnya, sebagai kader Partai Demokrat apapun keputusan partai wajib hukumnya diterima oleh semua kader.

“Kalau mereka berdua sungguh demokrat sejati, proses ini mestinya diterima sebagai proses politik yang lumrah dan praksis kerja demokrasi di partai demokrat. Maka, duduk bersama menjadi sesuatu yang perlu dilakukan dengan mengurangkan ego. Menang kalah dalam politik itu wajah lah,” ujar Dosen Sosiologi Undana itu.
Terpisah, Yohanes Jimy Namy, Akademisi asal Undana mengatakan bahwa keputusan DPP Demokrat untuk menunjuk Leo Lelo sangat menarik.
“Pertama demokrat sudah menunjukkan keteladanan terjadi sirkulasi elit parpol. di situ terjadi regenerasi dalam tubuh partai politik.
Kita lihat dinamika selama ini ditubuh elit parpol di NTT tidak terlaku hidup,” ujar Dosen Ilmu Politik Asal Undana itu (04/01). Baca juga ;Benarkah Di Lembata Ada Dua Bupati?
Buktinya, demikian Jimy, ketika keputusan DPP dikeluarkan menjadi perhatian publik di NTT.
“Perhatian publik menjadi terbagi ke sana. Ini bisa menjadi role model bagi partai politik lain yang ada di ntt. Maupun institusi politik lain di luar partai politik. Apa yang terjadi di Demokrat NTT hari ini bisa menjadi potret bagi publik. Demokrat bisa hadir di situ dengan energi barunya. Saya yakin ke depan Demokrat akan menjadi partai berpengaruh lagi,” tandasnya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *