Bupati Thomas Ola, “Tidak Ada Tujuan Politik Dari Kegiatan Explorasi Budaya Lembata”

Mediasurya.com,Lembata_ Rangkaian kegiatan explorasi Budaya Lembata, sare dame telah dimulai setelah Bupati menabuh gong tanda dimulainya hajatan besar ini (7/2/2022) di eks rumah jabatan Bupati Lembata. Baca juga ; Explorasi Budaya Lembata Di Mulai, Bupati ; “Semoga Kedepan Kita Miliki Policy Brief Dari Sisi Budaya”

Kegiatan yang di mulai dengan, Prat Amet oleh pemangku Lewoleba dan didampingi Bupati beserta Forkompinda berjalan dengan baik.
Bupati dalam sambutan menjelaskan bahwa, ritual adat yang mengawali kegiatan ini perlu dilakukan karena kita membutuhkan dukungan dari tangan-tangan tak kelihatan,sehingga kita dituntun dan mensukseskan rangkaian acara yang telah direncanakan. Dan tidak ada kepentingan politik dari kegiatan ini tegas bupati.

” menyampaikan terimakasi kepada Belen raya Nubatukan yang telah melakukan ametprat” ungkap Thomas Ola.

Bupati mengatakan, Ada berbagai dinamika yang muncul terkait ekplorasi budaya. Dan saya senang tidak sedikit yang kontra tapi inilah pemikiran bahwa banyak yang memberikan perhatian kepada ekplorasi budaya. Semakin hari semakin banyak yang pro kontra ini artinya semakin banyak yang berikan perhatian.
Tujuan kita baik,yakni memberikan nilai-nilai bagi anak cucu kita. Supaya generasi kita kemanapun, ada leluhur yang melindungi
Dari aspek agama silakan dilakukan, bahwa orang Lembata adalah orang budaya. Dan kita lakukan ini agar selaras alam. Baca juga ;Pungut 500 Ribu Per Satuan Pendidikan Untuk, Seminar Budaya Dan Pekan Seni Budaya Lembata, Masyarakat Pertanyakan Kurang kah Anggaran 2.4 Miliar Untuk Explorasi Budaya?

Ada delapan even yang kita gelar dengan 10 komunitas adat yang siap akan lakukan ritual adat. Kita mengharapkan agar ke depan anak cucu kita hidup damai, tentram bahagia. Kalau ada komunitas ini mau sare dame silakan. Sare dame dengan siapa? Dengn alam silakan, orang dengan orang silakan kepentingan itu ada di komutas adat.

Apakah ada nilai adat kita yang sudah luntur? Tanya Bupati. Tugas pemerintah memberikan nilai budaya agar terang benderang. Tugas pemerintah menjahit yang robek, menyatukan yang tercerai berai dan tugas pemerintah adalah menfasilitasi agar kegiatan bisa berjalan baik dan lancar.

Kalau kita tercerai berai, terpecah belah, kesejahteraan masyarakat Lembata tidak dapat kita capai dan itu, kita berdosa. Ingat kita diberi akal Budi, pikiran untuk memikirkan solusi dari semua persoalan. Baca juga ; Sare Dame, Ekplorasi Budaya Lembata, Hidup Selaras Alam

Satu bulan kedepan akan ada kegitan seminar, talk show, karnawal tapi saya minta panitia harus bisa duduk bersama karena perlu ada Koda.tujuan kita mengangkat ini agr diketahui komunitas lain.

Perbedaan dan kesamaan kita ada di mana. Sehingga itu bisa menjadi kekuatan yang berguna. Jika ada perbedaaan mari kita minimalisir. Tidak ada kepentingan politik dalam ekplorasi budaya ini. Murni untuk kebaikan.tegas Bupati.

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

Mungkin Anda Menyukai

4 tanggapan untuk “Bupati Thomas Ola, “Tidak Ada Tujuan Politik Dari Kegiatan Explorasi Budaya Lembata”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.