Explorasi Budaya Lembata Di Mulai, Bupati ; “Semoga Kedepan Kita Miliki Policy Brief Dari Sisi Budaya”

Mediasurya.com,Lewoleba_Bupati Lembata telah menabun gong tanda rangkaian explorasi Budaya,sare dame dimulai. dalam konferensi pers launching explorasi budaya Lembata (7/2)/2022) kegiatan yang berlangsung kurang lebih satu bulan kedepan ini diharapkan akan menghasilkan rekomendasi Policy Brief dari sisi budaya. Baca juga ; Sare Dame, Ekplorasi Budaya Lembata, Hidup Selaras Alam

Policy Brief adalah sebuah dokumen yang menguraikan dasar rasional dalam pemilihan sebuah alternatif kebijakan khusus atau rangkaian tindakan dalam sebuah kebijakan saat ini. … Dalam hal ini hasil penelitian yang ada diharapkan mampu memberikan masukan bagi pemerintah dalam menginisiasi kebijakan yang lebih efektif.

“Kita sudah punya Peraturan Daerah (Perda) tentang masyarakat adat. Itu menjadi dasar kita lakukan seluruh aktivitas yang berkaitan dengan kebudayaan”.

“Output akhir dari pelaksanaan explorasi budaya Lembata ini yakni adanya sebuah policy brief, rekomendasi apa yang perlu kita lakukan untuk membangun Lembata ini kedepan dari aspek budaya, termasuk tidak tertutup kemungkinan dari seluruh rangkaian kegiatan ini menghasilkan buku yang terkait dengan muatan lokal yang kemudian menjadi bahan pembelajaran bagi anak didik kita”. Baca juga ; Sare Dame, Ekplorasi Budaya Lembata, Hidup Selaras Alam

“Saya yakin suatu waktu tidak saja menjadi muatan lokal namun juga menjadi muatan nasional. Karena nilai-nilai adat dan budaya yang ada di Lembata tentu berlaku juga di daerah-daerah yang lain. Hanya selama ini nilai-nilai yang ada itu belum kita tidak himpun dalam sebuah naskah tertulis yang akan kita persembahkan untuk daerah” ujar Thomas Ola.


Menjawab awak media, Bupati Lembata sampaikan explorasi budaya yang digelar akan membentuk karakter generasi muda Lembata yang berbudaya.

“Darimana lahirnya karakter anak bangsa daerah ini? itu harus lahir dari sebuah kebudayaan yang bagus. kebudayaan yang bagus lahirnya dari mana, lahirnya dari kebiasaan-kebiasaan. Kebiasaan yang baik itu lahir dari tutur kata yang baik. Tutur kata yang baik lahir dari pikiran yang jernih, dan pikiran yang jernih lahir dari hari yang tulus. Itu yang maksud saya pembentukan karakter anak bangsa ini tidak akan lahir dengan sendirinya, namun dari rangkaian proses yang baik”.

“Hari ini jika ritual-ritual adat dilakukan pasti dimulai dari pembersihan diri. Harus tulus dan iklas melakukan itu, karena dia berhadapan dengan Allah, arwah leluhur dan alam sekitar”. Baca juga ; Pungut 500 Ribu Per Satuan Pendidikan Untuk, Seminar Budaya Dan Pekan Seni Budaya Lembata, Masyarakat Pertanyakan Kurang kah Anggaran 2.4 Miliar Untuk Explorasi Budaya?

“Kita akan melahirkan policy brief termasuk beberapa kearifan lokal kita misalnya Muro, itu akan kita angkat sebagai warisan budaya tak benda. Ini (Muro) baru satu hal, masih ada sekian banyak hal yang akan kita temukan dalam explorasi budaya”.

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

Mungkin Anda Menyukai

3 tanggapan untuk “Explorasi Budaya Lembata Di Mulai, Bupati ; “Semoga Kedepan Kita Miliki Policy Brief Dari Sisi Budaya”

  1. You actually make it appear so easy with your presentation but I in finding this matter to be actually something which I believe I might never understand. It kind of feels too complex and extremely broad for me. I am taking a look forward on your subsequent post, I?¦ll attempt to get the grasp of it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.