Jum. Apr 19th, 2024

Masuk 3 Besar, Demokrat Nyalip Golkar Dan PKS. Berikut Hasil Survei Litbang Kompas

By media surya.com Feb 22, 2022

Media Surya–
Selasa, 22 Februari 2022
Menakar Elektabilitad Partai Politik peserta pemilu hasil Survei Litbang Kompas, Demokrat berada di posisi 3 Besar Salip Golkar dan PKS.

Berita Lainnya ; – Leonardus Lelo Ketua DPD Demokrat NTT, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Lembata, Tegak Lurus Keputusan DPP.

Bertemu Rois Aam PBNU, AHY ; “Kami Siap Bersinergi”.

Hari Anak Nasional, AHY Ajak Orang Tua Jadi Garda Terdepan Lindungi Anak-anak Dari Virus Covid-19

Mediasurya.com,Jakarta_ Survei Litbang Kompas terhadap elektabilitas partai menunjukkan hasil mengejutkan. Versi survei tersebut, Partai Demokrat kini masuk 3 besar parpol dengan elektabilitas tertinggi.
Survei Litbang Kompas digelar pada 17-30 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Responden ditanya melalui wawancara tatap muka. Menggunakan metode tersebut, tingkat kepercayaan survei ini 95% dengan margin of error plus-minus 2,8%.

Hasilnya sebagai berikut:
– PDIP 22,8%
– Gerindra 13,9%
– Demokrat 10,7%
– Golkar 8,6%
– PKS 6,8%
– PKB 5,5%
– NasDem 3,5%
– PPP 2,8%
– PAN 2,5%
– Perindo 2,5%
– PSI 0,9%
– Hanura 0,6%
– PBB 0,6%
– Garuda 0,4%
– Lainnya 0,3%


– Tidak tahu/rahasia 17,6%

Hasil survei ini memotret penurunan signifikan jumlah responden yang menjawab ‘tidak tahu/rahasia’ soal pilihan partai politiknya. Pada survei Oktober 2021, jumlah responden yang menjawab ‘tidak tahu/rahasia’ masih di atas 40%, namun kini tinggal 17,6%. Artinya, kian banyak responden yang sudah menentukan pilihannya, meski Pemilu 2024 masih 2 tahun lagi.

Sebagian besar jumlah responden yang menjawab ‘tidak tahu/rahasia’ ini bisa jadi memilih Partai Demokrat, yang pada survei ini mengalami peningkatan elektabilitas signifikan. Pada survei Litbang Kompas sebelumnya, yang digelar pada Oktober 2021, elektabilitas Partai Demokrat masih 5,4%, di bawah Golkar dan PKS.

Selain itu, partai dua besar mengalami kenaikan elektabilitas signifikan. PDIP yang kokoh di puncak kini mengantongi tingkat keterpilihan sebesar 22,8%, dari sebelumnya 19,1%. Sementara elektabilitas Gerindra kini 13,9%, dari sebelumnya 8,8%. (tor/idn) mediasurya.com/ Sumber ; detikcom

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

9 thoughts on “Masuk 3 Besar, Demokrat Nyalip Golkar Dan PKS. Berikut Hasil Survei Litbang Kompas”
  1. confirmation took more than four months after rebels similarly reported chemical attacks in February, though in this instance a U finasteride (propecia) For reasons which defy long term economic logic, bet takers, racetracks and regulators continue to enable racing s decline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *