Intensitas Hujan Tinggi, Kadis Pertanian Lembata Ajak Petani Buat Rorak

Media Surya–
Kamis, 24 Februari 2022
Kepala Dinas Pertanian,Tanaman pangan dan peternakan kabupaten Lembata ajak petani membuat Rorak untuk menampung air hujan.
Mediasurya.com,Lembata_ Kepala Dinas pertanian, tanaman pangan dan peternakan kabupaten Lembata, Kanisius Tuaq mengajak petani dan peternak Lembata mengambil langkah-langkah antisipasi menghadapi hujan dengan intensitas tinggi seperti saat ini. Baca juga ; Gelar Bimtek Untuk Penyuluh Dan Petani, Kadis Pertanian Harap Semua Tetap Semangat Untuk Ketersediaan Pangan

Kepada media ini melalui pesan singkat whatsup mengatakan hujan dengan intensitas tinggi seperti saat ini, mendapat perhatian serius pemerintah melalui instansi teknis.

Kanis Tuaq berpesan kepada para petani untuk, melakukan percepatan panen jika jagungnya sudah memasuki umur panen, untuk menghindari kerusakan akibat banjir dll.

Selain itu Tuaq juga mengajak petani membuat rorak atau jebakan di bawa pohon seperti tanaman buah-buahan, tanaman perkebunan dll untuk menampung air hujan. Petani diminta selalu menjaga gangguan hama penyakit, khusus tanaman pangan dengan berbagai teknis pencegahan seperti penyemportan menggunakan pestisida nabati, penyiangan gulma.

Tuaq kepada media ini meminta petani untuk mengatur aliran air permukaan di kebun-kebun agar tidak terjadi erosi yang berlebihan. Petani juga diminta melakukan penanaman jagung MT ke 2 atau jenis kacangan seperti kacang hijau namun demikian, para petani perlu memperhatikan pasca panen jagung agar tidak terjadi pembusukan.

Sementara untuk para peternak Kanis Tuaq meminta untuk, memperhatikan naungan/atap agar ternak tidak kedinginan karena gampang terserang penyakit.

Para peternak juga diminta melakukan biosecurity dan sanitasi kandang seperti penyemprotan disinfektan dll dan jika hewan ternak terserang penyakit, segera hubungi petugas peternakan lapangan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan hewan dari petugas. Baca juga ; Di Duga Akibat Penjadwalan ulang APBD 2022, Orang Kurang Mampu Di Lembata Dilarang Sakit.

Bung Kanis demikan sang kadis biasa di sapa meminta para peternak untun berhati-hati dalam pemberian makan karena, ternak gampang terinfeksi virus di saat tingginya curah hujan dan yang juga harus diperhatikan adalah membatasi lalu lintas ternak antar desa/kecamatan urai Bung Kanis.

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.