Dukung Pembangunan IKN, Gubernur NTT Gelar Ritual Adat Budaya Flobamora NTT

Mediasurya.com,Kupang_ Sebagai bentuk dukungan terhadap rencana pemerintah pusat membangun ibu kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (14/3/2022) mendatang, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di dampingi wagub Josef A.Nae Soi menggelar ritual adat penyatuan tanah dan air bumi Nusa bunga, Flobamora NTT.

Baca juga ; Air Dari Lembata Bakal Dibawa Presiden RI Ke IKN.

Dukung Pembangunan IKN, Gubernur NTT Gelar Ritual Adat Budaya Flobamora NTT

Prosesi adat menyatukan Tanah dan Air Flobamora yang digelar Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan wujud nyata dukungan NTT terhadap pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.

Kegiatan penyatuan air dan tanah berlangsung di depan Kantor Gubernur NTT,11/3/2022.

Dalam prosesi adat berlangsung, untuk tanah dipercayakan kepada tiga Kepala Daerah yakni Bupati Belu Agustinus Taolin mewakili Pulau Timor, Bupati Flores Timur Antonius H. Gege Hadjon mewakili Pulau Flores, dan Bupati Sumba Tengah Paulus S.K. Limu mewakili Pulau Sumba. Baca juga ; Demokrat NTT, Kuda Hitam Dari Timor Siap Menangkan Pemilu 2024

Sedangkan untuk air, diberikan oleh perwakilan empat Kepala Daerah yakni Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke, Bupati Lembata Thomas Ola Langoday, dan Bupati Alor Amon Djobo.

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dalam keterangan persnya mengatakan bahwa prosesi penyatuan tanah dan air menindaklanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo memerintahkan seluruh Gubernur untuk membawa tanah dan air dari seluruh wilayah di NKRI untuk disatukan sebagai salah satu tahapan untuk membangun Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur yang acaranya tanggal 14 Maret 2022.

“Prosesi adat yang kita lakukan merupakan salah satu bagian penting untuk menyatukan langkah secara sosial budaya dan memohon kekuatan leluhur Flobamora yang diwujudkan melalui tanah dan air yang selanjutnya dibawa ke kalimantan Timur untuk pembangunan ibu kota Negara

Gubernur Viktor dalam kesempatan itu memberikan apresiasi kepada para kepala daerah dan para tokoh adat yang berpartisipasi dalam prosesi adat penyatuan tanah dan air untuk pembangunan ibu Kota Negara dan mari kita sama-sama doakan semoga tanggal 13 Maret 2022 semua urusan berjalan dengan baik.

Menurut Gubernur NTT dengan perpindahan Ibu Negara ke depan akan mendorong peningkatan pembangunan di wilayah bagian timur sekaligus memacu pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih baik. “Ini keputusan hebat dari presiden Ir.Jokowi Widodo yang prinsipnya menciptakan pemerataan pembangunan dari sabang sampai merauke” ungkapnya. (dari berbagai sumber/mst)

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.