Tentara Bantu Tingkatkan Akselerasi Pembangunan Desa Tertinggal Dan Terisolir Di Flores Timur.

Mediasurya.com, Larantuka || Negara terus hadir diseluruh penjuru Nusantara untuk bersama membangun desa, tidak terlepas dari itu kabupaten Flotim kini dihadiri Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) guna meningkatkan akselirasi desa tertinggal dan terisolir.

Baca juga ; Diduga Sebarkan Berita Hoax, Empat (4) Karyawan BPR Larantuka di Polisi kan.

Sosialisasi pengolahan daun Kelor dengan menggunakan metode Mesin pengering Daun Kelor (Nutrition Lock Metode System) di wilayah kodim 1624/Flotim

Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 113 tahun 2022 secara resmi dibuka Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, Rabu 11 Mei 2022 pagi.

Kegiatan ini dilaksanakan di desa Kawalelo dan desa Lamuda, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur.

Acara pembukaan TMMD berlangsung di Aula Wira Sakti Makodim 1624/Flotim, Jl Militer Kelurahan Lokea Kecamatan Larantuka.

TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral untuk meningkatkan akselerasi pembangunan, khususnya di pedesaan tertinggal dan terisolir.

Dalam kegiatan TMMD, Kodim 1624/Flotim telah merencanakan pembangunan dan terbagi menjadi dua sasaran, yakni sasaran fisik dan non fisik.

Baca juga ; Albert Buran Bendahara Pimpinan Setda Lembata Ditemukan Tak Bernyawa Menggantung Di Pohon Asam Lusikawak

Uang Palsu Beredar Di Lembata Saat Belanja. Masyarakat Diminta Hati-hati.

Pelaksanaan kegiatan ini terhitung sejak 11 Mei sampai 9 Juni 2022 yang dilaksanakan dengan sasaran fisik pembukaan jalan baru dan peningkatan kapasitas jalan sepanjang 5,6 KM dengan lebar 6 meter juga pembangunan plat deker sebanyak lima unit.

Sementara sasaran non fisik diisi dengan berbagai penyuluhan seperti hukum, wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, lingkungan hidup, KB dan kesehatan, penyaringan air bersih, bencana alam, bahaya radikalisme dan rerorisme, stunting, posyandu Bindu/PTM serta sosialisasi rekrutmen prajurit TNI.

Komandan Kodim 1624/Flores Timur, Letkol Inf Tunggul Jati, SH, selaku Dansatgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 113 dalam laporan kesiapan pelaksana menyampaikan dasar surat penanggungjawab sebagai berikut ;

Surat telegram penanggung jawab kebijakan operasional (PKO) nomor St/16/2022 tanggal 24 januari 2022 tentang perintah merencanakan dan menyiapkan pelaksanaan TMMD TA. 2022 (TMMD ke 113 ke-114 dan ke-115)

Selanjutnya surat telegram penanggung jawab operasional PJO nomor ST./24/2022 tanggal 28 januari 2022 tentang perintah kepada tersebut alamat selaku Dansatgas TMMD agar merencanaan dan menyiapkan pelaksanaan TMMD TA 2022 (TMMD ke-113 ke 11 4 dan Ke 115).

Menurut penjelasan Dansatgas jumlah Personil sebanyak 150 orang dengan Anggaran dari PJO TMMD berjumlah Rp. 483.500.000 dan Anggaran dari APBD Pemda Flotim berjumlah Rp. 850.000.000 dalam bentuk swakelola.

Kemudian dalam amanat Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus P. .Boli,SH.MH.M.IP, menyampaikan pelaksanaan TMMD merupakan amanat dari UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Pada Undang-undang tersebut jelas tercantum amanat, TNI harus membantu pemerintah daerah guna mempercepat pembangunan di wilayah pedesaan yang terletak di pelosok.

Tujuan pokok TMMD adalah wujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dengan semangat kemanunggalan serta kerjasama lintas sektoral dan lintas komponen bangsa, kita tingkatkan percepatan pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Diketahui, hadir dalam kegiatan ini, Kasi Ter Kasrem 161/WS Kodam IX/Udayana Kolonel inf Zeniman Zega, S. H, M. Hum, Komandan Kodim 1624/Flotim Letkol Inf Tunggul Jati,SH, Kapolres Flotim AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika, S.H, S.IK, M.H.

Kajari Larantuka diwakili oleh Kasipidum I Nyoman Sukrawan, S.H., M.H., Ketua PN Larantuka diwakili Hakim Oky Syahputra S.H., Danlanal Maumere yang diwakili oleh Serda TTU Dwi Saputro, Kasdim Kodim 1624/Flotim Mayor Inf Dedi Yudo Baskoro, Kadis Kesehatan Flotim dr. Agustinus Ogie Silimalar dan Kalak BPBD Alfons Hada Bahtan.

Hadir juga Kepala Dinas Sosial Anselmus Yohanes Maryanto S.sos, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Petrus Petara Aran, SP, Pasi Intel Kodim 1624/Flotim Kapten Inf. Yakobus Milan Tukan, Pasi Pers Kodim 1624/Flotim Kapten Inf. Achmad Setiyadi, Kepala Bulog David Doni Kurniawan, dan Kepala Desa Lewomuda, Sifrinus Sina Hera.

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

Mungkin Anda Menyukai

2 tanggapan untuk “Tentara Bantu Tingkatkan Akselerasi Pembangunan Desa Tertinggal Dan Terisolir Di Flores Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.