Debit Air  Kecil  “Mahasiswa KKN-MM UNIPA Bersama Warga Detubinga Lakukan  Penamaman Bambu di Mata Air 

MEDIASURYA.COM,Maumere || Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mahasiwa Mandiri (KKN-MM) Universitas Nusa Nipa Indonesia berhasil, melaksanakan salah satu program kegiatan yakni reboisasi di sekitar mata air dan beberapa lahan warga di Desa Detubinga, Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka, Sabtu (2/07/2022) 

Baca juga ; Kepala SMK Bina Maritim Maumere, Minsri Sadipun ; ” Kebijakan Sekolah Tidak Menyusahkan Peserta Didik”

Dugaan Korupsi Pengadaan Kapal Phinisi “Aku Lembata,” Pengguna Anggaran (PA) Belum Tentu Jadi Tersangka.

Tanaman yang akan ditanam yakni bibit bambu

Bibit bambu yang berjumlah kurang lebih 1000 pohon ini, didistribusikan ke semua dusun, di desa detubinga untuk di tanami dilahan warga yang membutuhkan. Bambu dipilih untuk ditanam di sekitaran mata air karena kemampuannya untuk mengikat air dengan jumlah lebih banyak. 

Kanisius Kani ketua kelompok KKN-MM UNIPA Indonesia desa detubinga ketika di hubungi media menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk menanggulangi krisis air di desa detubinga. Sumber air ada, debit air kecil, sehingga tidak mampu memenuhi seluruh kebutuhan air masyarakat di desa. Beberapa rumah tidak dapat mengakses air yang ada karena air tidak mampu mengalir samapai ke beberapa rumah karena debit air kecil. Sehingga dengan penanaman bambu ini bisa mengikat air lebih banyak, dan meningkatkan debit air, sehingga semua masyarakat desa menikmatinya. 

Lanjutnya, Kani yang juga Putra asli desa detubinga, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sikka, yang sudah mau bekerja sama dengan kami, menyumbangkan bibit bambu melalui mahasiswa KKN – MM Unipa Indonesia. 

Dalam penamaan bibit bambu disekitaran mata air ini melibatkan pemuda sekitar, bapa dusun nuaria, dan kepala desa.  Jelli salasatu pemuda desa detubinga, menyampaikan “kegiatan ini sangat bagus, melindungi hutan, dan juga untuk dapat meningkatkan debit air dan semoga bambu yang ditanam tumbuh dengan baik.”

Sementara itu Kepalah Dusun Nuaria Vinsensius Ngese ketika di mintai tangapannya beliau menuturkan bawah Saya sangat mendukung dan mengapresiasi program mahasiswa KKN-MM UNIPA, yang melakukan reboisasi di sekitar mata air. Perosalan mata air kami disini pada musim kemarau menyurut, dengan penanaman bambu ini sangat bagus, untuk kedepannya. Lanjut nya, ” mengucapkan terimakasih kasih kepada mahasiswa KKN-MM UNIPA Desa Detubing, harapannya kkn yang masih menyisakan beberapa hari, dapat membawah perubahan banyak di desa kami. Penanaman Babu ini akan dilanjutkan dibeberapa mata air lainnya di desa detubinga.

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.