Kam. Apr 25th, 2024

Diduga Hasil Pekerjaan Berkualitas Buruk, Komisi II DPRD Lembata, Perintah Kontraktor Kerja Ulang Proyek Jalan Senilai 10 Miliar Lebih Di Kedang

By media surya.com Jan 19, 2023

Mediasurya.com,Lembata || Proyek peningkatan infrastruktur jalan senilai 10 miliar 500 juta pada, segmen Wowong-Bean-Pantai Pang waq oleh Komisi II DPRD Kabupaten Lembata diperintahkan untuk segera dikerjakan ulang saat melakukan monitoring di sejumlah paket proyek jalan di wilayah kecamatan Omesuri dan Buyasuri pada Rabu (18/1/2023).

Baca juga ; Hasilkan Jalan Berkualitas Di Kedang CV. Eveline Dipuji Komisi II DPRD Lembata

Anggota DPRD Lembata Diduga Miliki Paket Proyek Jalan Dana PEN. Benarkah??

Paket proyek peningkatan infrastruktur jalan Wowong-Bean-Pantai Pang waq tahun anggaran 2022 yang dikerjakan oleh CV Permata Bunda dengan sumber anggarn DAK Trandes sebesar Rp.10.500.000.000, hingga belum juga rampung 100%.

Komisi II DPRD Lembata menemukan ada sejumlah titik kerusakan pada ruas jalan tersebut harus dibongkar untuk dikerjakan ulang. Semisalnya, talud samping kiri kanan jalan di titik nol sejauh kurang lebih 20 meter yang terlihat rapuh dan banyak sekali retakan.

Komisi II DPRD Lembata mengungkapkan bahwa masalah retak dan rapuhnya talud penahan jalan itu karena menurut mereka, rekanan dianggap menggunakan material pasir laut.

“Terhadap kegiatan Peningkatan Jalan Wowong-Beang-Pahangawa kita temukan ada beberapa segmen yang retak juga ada item pekerjaan talud yang menggunakan pasir pantai,” kata Paulus Makarius Dolu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Lembata, Rabu (18/1/2023).

Tidak hanya itu, Komisi II DPRD Lembata juga menemukan lagi beberapa lapisan lapen di ruas jalan tersebut terkelupas bahkan terbongkar. Menurut mereka, material dasar pembentuk lapisan lapen itu dinilai tidak padat sehingga berpotensi mudah terbongkar. Bagi Komisi II DPRD Lembata, kualitas suatu pekerjaan ditentukan juga oleh mutu material yang digunakan.

Baca juga ; Diduga Pengedar Obat Perangsang Sex Dan Narkoba, Mahasiswa Asal Waikabubak Ditangkap Satresnarkoba Lembata Di Olimpic Hotel

“Ini belum apa-apa sudah terbongkar, ini proyek dengan anggaran besar, kalau kontraktor kerja begini mau jadi apa, bahaya sekali nanti manfaat untuk masyarakat bagaimana,” ujar Gregorius Amo, salah satu anggota DPRD Komisi II yang juga hadir saat itu.

Terhadap sejumlah temuan ini, Komisi II DPRD Kabupaten Lembata langsung memerintahkan rekanan untuk mengerjakan ulang dari nol.

Komisi II DPRD Lembata juga menegaskan agar Konsultan Pengawas dan PPK memberi perhatian serius sekaligus mengarahkan rekanan untuk menjalankan rekomendasi tersebut.

“Kita sudah bicarakan langsung dengan rekanan agar item yang itu dibongkar dan dikerjakan ulang,” sebut Paulus Makarius Dolu, menambahkan.

Baca juga ;DPRD Rekomendasi PHK Lima Paket Pekerjaan Infrastruktur Jalan Dengan Dana PEN Dan Audit Pokja ULP

Masyarakat Minta Tim Inspektorat Lakukan Audit Di Desa Belobao Lembata

Sementara itu, Aloysius Panang selaku PPK pada proyek tersebut mengaku sudah memerintahkan kontraktor CV Permata Bunda untuk membongkar dan mengerjakan ulang beberapa titik yang menjadi temuan Komisi II DPRD Lembata.

“Jadi sesuai dengan catatan hasil monitoring Komisi II DPR kemarin itu, kami selaku pihak Proyek sudah memerintahkan kontraktor untuk segera memperbaikinya baik terhadap talud sepanjang kurang lebih 20 meter itu dan lapen pada titik deker pertama yang mengalami amblas itu dan kontraktor sebagai pelaksana proyek wajib melakukan itu karena masih dalam tahap pelaksanaan kegiatan,” terang Aloysius Panang, Kamis (19/1/2023).

Panang juga menuturkan bahwa pihak kontraktor CV Permata Bunda sebagai pelaksana siap memperbaiki semua kekurangan yang menjadi rekomendasi Komisi II DPRD Lembata

“Dan kontraktor pelaksana menyatakan siap memperbaiki semua catatan kekurangan yang ada di lapangan itu,” tandas Alo Panang.(katawarga)

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *