Sel. Apr 23rd, 2024

Menteri Pendidikan RI ; Dengan Merdeka Belajar Kita Didik Generasi Pelajar Pancasila Yang Berkarakter Dan Membawa Indonesia Melompat Kemasa Depan Pendidikan Yang Memerdekakan

By media surya.com Mei 3, 2023

Mediasurya.com,Lembata _ Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari Senin, (2 mei 2023) dirayakan secara meriah di Kabupaten Lembata. Dalam upacara Hardiknas Penjabat Bupati membacakan, Sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Baca juga ; Mey Day 2023, SPSI Lembata Berhasil Fasilitasi Kenaikan Upah Buruh Pelabuhan Lewoleba

Kapolres Tjangkung ; Data Pedanganhan Orang Tinggi Tapi Aneh Tidak Ada Masyarakat Lembata Melaporkan Persoalan Ini.

Dalam sambutan Mentri pendidikan dikatakan bahwa, kurang lebih 3 tahun terakhir telah terjadi perubahan besar disekitar kita, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia sebanyak 24 Episode.

Merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita Luhur Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena, aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri pada kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikan tetapi sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform raport pendidikan.

Nadin Makarim Mentri Pendidikan juga mengatakan, Untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan, para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya plafon Merdeka belajar. Selain itu guru guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi dengan hadirnya kurikulum Merdeka.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Marsianus Jawa Penjabat Bupati Lembata dikatakan, metideligi pendidikan kita sekarang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi dimana, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar pada jenjang perguruan tinggi. Adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melalang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program program kampus merdeka.

Baca juga ;Bencana Dan Kontroversi Penyebab Tsunami Tahun 1979 Di Waiteba Kecamatan Atadei Lembata

Dari segi pendanaan pencairan langsung dan Bantuan Operasional Sekolah dan Bantuan Operasional pendidikan ke sekolah dan pemanfaatannya lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan perluasan program beasiswa setempat untuk melanjut Pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka.

Sementara Untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi. Selain itu mekanisme dana indonesian yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan.

Mentri pendidikan mengajak semua komponen untuk, Mari kita ingat bahwa, bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka belajar transformasi karenanya, sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan Semarak sebab semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama semua kita.

Baca juga ; Pakar Hukum Ilmu Pemerintahan, Hironimus Buyanaya Siap Ikut Kontestasi Pilkada 2024

Oleh karena itu Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. (VM/Mst)

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *