Agustinus Payong Boli Wakil Bupati Flotim, Dipuji Warga Lembata Saat Bawakan Sambutan Di Puncak Acara Explorasi Budaya Lembata.

ket. Foto Wabup Flotim saat tuang Tuak dalam sebuah acara adat di adonara (ms).

MEDIA SURYA–.

Senin, 7 Maret 2022.

Warga Lembata yang riuh rendah, menyaksikan pegelaran puncak acara explorasi Budaya Lembata, di lapangan wulen luo berdecak kagum saat wakil Bupati Flotim naik panggung memberikan sapaan untuk memulai sambutan.

Baca juga ; Dipuncak Perayaan Explorasi Budaya Lembata, Ada Duka Di Nagawutun Kabupaten Lembata.

ket.Foto Bupati lembata saat tuang Tuak di acara explorasi budaya Lembata.

Mediasurya.com, Lewoleba,Lembata, NTT_ Wakil Bupati Flotim, Agustinus Payong Boli.,SH.M.Hum membuat warga Lembata yang menyaksikan puncak acara explorasi budaya yang digagas Bupati Thomas Ola berdecak kagum, sunguh Agus Boli, orang Yang paham adat dan budaya.

Baca juga ; Siswa SDI Panama, Pentas Dera Lili Di Pangung Explorasi Budaya Lembata

Heni seorang warga Lewoleba kepada media ini secara spontan mengatakan, pak wakil Bupati Flotim ni luar biasa. Tadi ketika sapa selamat malam Lamaholot, selamat malam Kedang, selamat malam Lembata saya rasa bagaimana ka, macam ada haru yang mendalam.

Dikatakan warga Lewoleba ini, penegasan wakil bupati bahwa mungkin ada Koda yang belum geto (kata yang belum tuntas) ketika melepas Lembata, pak wakil Flotim meng ajak kita untuk, mari berbenah mungkin ada hal yang belum terlaksana secara tuntas.

Sebelumnya Wakil Bupati Flotim, Agus Boli dalam sambutan mewakili Pemda Flotim, mengajak pimpinan Lembata untuk ke Flotim lakukan keru baki.

Pada kesempatan itu wakil Flotim mengajak semua pihak untuk mengucapkan syukur atas berkat alam, Lamaholot, alam kedang, alam Lembata karena semua leluhur masih melindungi kita.

Baca juga ; BPK RI Perwakilan NTT Surati Bupati Dan Ketua DPRD Lembata Terkait Kerugian Daerah 19 Miliar Lebih.

“kehadiran saya disini, tidak saja mewakili Pemerintah Flores timur tapi lebih dari pada itu, Flotim sebagai lewo Ina ama, lewo Kaka bapa (kampung induk) yang tidak melupakan Lembata sebagai,anak yang dilahirkan dari kabupaten Flotim urai Agus Boli.

Agus mengatakan,berbagai pandangan dan dinamika dalam pelaksanaan explorasi budaya namun, saya kira itulah kekayaan yang mesti di ramu dan disatukan dalam nuansa budaya kekeluargaan.

Kami telah melepas Lembata menjadi kabupaten 23 tahun lalu, dan Dinamika di Lembata sunguh luar biasa dan sulit namun demikian, luar biasa juga karena explirasi budaya bisa berjalan secara baik tanpa hambatan. Ungkap wakil bupati Flotim.

Mantan anggota DPRD Flotim dua periode ini mengatakan, dalam berbagai dinamika saya pernah tanya pa bupati Lembata, apa yang menjadi permenungan beliau sehingga lahir gagasan untuk lakukan kegiatan eksplorasi Budaya?

baca juga ; Ketua PAC Partai Demokrat Buyasuri ; “Semoga Tidak Ada Persekongkolan Anggaran Antara Pemerintah Dan DPRD Lembata”

Pak Thomas saat itu menjawab saya bahwa, Ada sesuatu yang mungkin, belum diselesaikan secara tuntas saat Lembata lepas dari Flotim untuk, menjadi sebuah kabupaten cerita Agus Boli.

Dikatakan ketua organisasi pemuda Katolik NTt ini bahwa, Saya kemudian menelisik, mungkin bisa ada hal yang belum tuntas diatur karena secara metafisika bahwa keTuhanan dan sistem religi tentang sesuatu yang tidak kelihatan harus bisa jadi perhatian.

“23 tahun lalu kami sudah berikan Bekal (parang,tombak,jagung) untuk garap kebun sendiri tapi mungkin Keru Baki yang belum diambil di Flotim. Koda mungkin geto Wati kami kabupaten induk menunggu setelah explorasi budaya agar Lembata ke Flotim mengambil keru baki untuk kemudian disimpan di tanah lembata.

Kami akan juga berikan Tuak tapi Minum setengah Lepas setengah agar budaya Lamaholot, budaya Kedang, budaya Lembata tetap terus berjalan bersama budaya Lamaholot Flotim karena sejatinya Flores Timur dan Lembata adalah kakak beradik hari ini dan seterusnya pungkas Agus Boli mengakhiri pembicaraan dan sambutannya dengan tepuk tangan hadirin, undangan yang ikut acara puncak Explorasi budaya Lembata. (SL/mst)

Berita Lainnya ; Alumni Ammapai Kupang, Jalan Santai Sambil Bersihkan Kota Lewoleba.

Putin Ancam Status Negara Ukraina Bisa Hilang Jika Terus Melawan.

Gaji PNS Lembata Bulan Februari 2022 Belum Dibayar, Sekda Lembata ; Penggunaan Aplikasi SIPD Kita Belum Maksimal”

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *