Air Dari Lembata Bakal Dibawa Presiden RI Ke IKN

MEDIA SURYA–
Jumad, 11 Maret 2022
Sumber Air Urumitem di Lembata Dibawa Ke Jakarta untuk Ibu Kota Nusantara setelah diamb secara adat dan akan diserahkan juga secara adat.
Baca juga ; Rumah Hadiah Presiden Jokowi Untuk, Korban Bencana Lembata Belum Rampung Diselesaikan.

Mediasurya.com,Lewoleba, Lembata_ Presiden RI H.Ir Joko Widodo melalui Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, telah menentukan 4 sumber mata air dari empat kabupaten Di NTT untuk diberikan kepada Presiden yang rencananya akan di bawa ke Ibu kota Nusantara ( IKN). Baca juga ; Di Duga Akibat Penjadwalan ulang APBD 2022, Orang Kurang Mampu Di Lembata Dilarang Sakit.

Sumber mata air ‘Urumitem’ di Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur terpilih untuk diberikan kepada Presiden Jokowi di Jakarta.

Sumber Air yang berada di Waikomo, Kelurahan Lewoleba Barat itu akan diserahkan oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat kepada Presiden Jokowi di Jakarta pada Senin 14 Maret 2022.

Setelah itu, air tersebut akan dibawa oleh Presiden Jokowi ke Ibu Kota Negara Indonesia yang baru di Kalimantan Timur.

“Pa Gubernur mendapat informasi dari Presiden, bahwa pada tanggal 14 Maret semua Gubernur akan membawa air yang bersumber dari kabupaten-kabupaten,” ungkap Bupati Lembata Thomas Ola kepada wartawan, Kamis (10/3) usai seremonial adat di mata air Urumitem.

Ada empat kabupaten di NTT yang ditunjuk agar sumber mata airnya dibawah ke Jakarta. Empat kabupaten itu diantaranya, Lembata, Alor, Rote dan Sabu Raijua. Baca juga ; Narkoba Kembali Hebohkan Lembata, RST Pembawa Shabu Di Bekuk Polisi

Bupati Thomas meyakini, air Urumitem mampu memberikan kesejukan, dan kesejahteraan, serta sanggup menghadirkan kedamaian di Ibu Kota Nusantara.

“Saya kira ini konek antara apa yang kita lakukan di Lembata (Eksplorasi Budaya) dengan apa yang Bapa Presiden mau,” sebutnya.

Menurut dia, Presiden Jokowi sudah memiliki pandangan yang jauh kedepan terkait pembangunan Indonesia di Ibu Kota Negara yang baru yakni Ibu Kota Nusantara.

Bagi dia, pandangan Jokowi tersebut selaras dengan aspek budaya yang mana semua pembangunan di Indonesia berangkat dari sisi budaya.

“Bapa Presiden pasti mempunyai pandangan yang jauh kedepan, saya pikir ini dari aspek budaya. Bahwa membangun Indonesia membangun dari aspek budaya dan tidak boleh luntur dari apapun juga,” akuinya.

Thomas percaya, dengan terpilihnya sumber air Urumitem ini akan memberikan kekuatan baru dalam membangun Lembata, membangun NTT dan membangun Indonesia.

Sebelum air kali Urumitem ini dibawa ke Kupang, pemda Lembata menghadirkan para tokoh adat guna melakukan seremonial adat di lokasi mata air.

Ada pun suku-suku yang berperan melakukan seremonial tersebut yakni suku Lango Wejak dan suku Atauja atau suku Ujan.

“Mereka yang harus meminta ijin kepada leluhur, kepada ibu bumi untuk kita boleh ambil air,” tuturnya.

“Tidak semua kabupaten dipilih, berarti ada pertimbangan-pertimbangan tertentu dari Pa Gubernur, dan saya pikir kita masih kental dengan nilai-nilai adat dan budaya,” ujarnya.

Setelah ritual adat selesai, Bupati Thomas langsung membawa air itu ke Kupang untuk selanjutnya di serahkan secara adat ke Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat pada Jumat 11 Maret 2022 besok.

“Dari Lembata ke Kupang hari ini dan besok bersama dengan tua-tua adat Lembata di Kupang kami akan sama-sama menyerahkan kepada Bapa Gubernur sesuai dengan tradisi dan adat budaya Lembata,” tandasnya.

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

One thought on “Air Dari Lembata Bakal Dibawa Presiden RI Ke IKN

  • 17 Juni 2022 pada 10:49 pm
    Permalink

    certainly like your website but you need to check the spelling on quite a few of your posts. Many of them are rife with spelling issues and I find it very bothersome to tell the truth nevertheless I will surely come back again.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *