Mediasurya.com, Kesehatan || Kumis kucing adalah tanaman semak yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Manfaat tanaman kumis kucing yang paling berkhasiat adalah daunnya. Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Minggu (22/1/2023), daun kumis kucing mengandung kadar kalium yang tinggi, glikosida orthosiponin yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari dalam tubuh.

Baca juga ; Tunjang Peningkatan Pelayanan Kesehatan, Warga Minta Pemda Naikan Status Pustu Dulitukan Jadi Puskesmas.

Penggunaan BPJS Kesehatan Jadi Syarat Jual Beli Tanah, Berikut Penjelasan Menteri ATR/Kepala BPN

Daun kumis kucing juga sudah terbukti untuk penyembuhan infeksi kandung kemih, membersihkan empedu dan ginjal, menyembuhkan rematik, menjaga tekanan darah, diabetes dan asam urat.



Berikut beberapa manfaat tanaman kumis kucing untuk kesehatan.

1. Membantu masalah pernapasan Manfaat kumis kucing salah satunya adalah mengobati masalah pernapasan seperti asma dan batuk. Untuk membuatnya efektif melawan menangkal masalah pernapasan, tanaman obat ini sering dicampur dengan herbal kuat lainnya yang bertindak sangat baik terhadap masalah pernapasan.

2. Mengurangi tekanan darah tinggi Kumis kucing membantu mengurangi tingkat tekanan darah karena kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya. Diyakini bahwa sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi dari ramuan adalah alasan untuk manfaat ini.

3. Mengatasi sesak napas Kumis kucing adalah tanaman obat yang luar biasa dengan banyak khasiat. Salah satu manfaat daun kumis kucing lainnya termasuk mengobati sesak napas dan masalah terkait saraf. Namun, hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan ramuan ini adalah dosisnya yang harus diperiksa secara hati-hati sebelum dikonsumsi. Karena dosis yang berlebihan mungkin memiliki beberapa efek berbahaya bagi tubuh kita.

Baca juga ; Berhasil Atasi Kebotakan Dengan Obat Rahasia,Pria Dari Jakarta Hampir Berakhir Di Penjara

4. Mengontrol diabetes Salah satu manfaat kukis kucing adalah mengontrol kadar gula darah. Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kumis kucing secara efektif mengatur kadar glukosa dalam gula, dengan demikian membantu mengendalikan diabetes secara efisien.

5. Menurunkan berat badan Kumis kucing diketahui dapat membantu mengurangi berat badan. Unruk manfaat ini, kumis kucing dijual di pasar dalam berbagai bentuk seperti pil, kantong teh dan ekstrak.

6. Mengobati penyakit kulit Ketika diproses, tanaman kumia kucing bisa menghasilkan minyak. minyak ini cukup efektif dalam mengobati berbagai macam infeksi kulit.

Manfaat kumis kucing dalam bentuk minnyak ini juga dengan mudah mengobati kulit kasar, kulit kering dan berbagai jenis infeksi kulit lainnya.



7. Mengatasi asam urat Kumis kucing mengandung enzim yang bisa menyembuhkan asam urat atau encok. Kumis kucing memiliki enzim seperti flavonoid dan asam alami yang mengurangi rasa sakit dan karena itu menghindari dari semua jenis rasa sakit.

8. Mengatasi masuk angin Jika anda mengalami masuk angin yang diakibatkan makan tidak teratur, kurang tidur dan cuaca dingin, Anda dapat mengatasinya dengan kumis kucing.***

By mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *