Eduardus Hena Lamablawa ; “Budaya Itu Penting Tapi Ingat Masyarakat Juga Butuh Makan”

Media Surya–
Minggu, 6 Maret 2022
Apa sih Manfaat Explorasi Budaya? Dr. Eduard Hena Lamablawa menjelaskan ini tergantung sudut padang namun demikian, Budaya harus berjalan beriringan dengan ekonomi. “Budaya itu disatu sisi baik jika di explorasi tetapi yang patut di ingat, masyarakat juga butuh makan, pendidikan, kesehatan yang baik” Urai Dr.Eduardus Hena Lamablawa.

Berita Lainnya ; Di Duga Akibat Penjadwalan ulang APBD 2022, Orang Kurang Mampu Di Lembata Dilarang Sakit.


Ket.Foto Menenun di explorasi Budaya (ms)

Mediasurya.com,Lewoleba_ Pro kontra tentang pelaksanan explorasi budaya Lembata yang menguras anggaran apbd Lembata tahun 2022 sebesar 2.4 miliar masih terus berjalan.

Explorasi Budaya Lembata yang akan menuju puncak kegiatan (7/3/2021) dipertanyakan masyarakat apa sih manfaat explorasi budaya Lembata?

Dr.Eduard Hena Lamablawa kepada media (22/2/2022) secara gamblang mengatakan bahwa, dinamika yang terjadi di masyarakat tentang explorasi budaya harus di hargai.

ket Foto.Bupati Lembata saat mengikuti Explorasi budaya Lembata di desa kalikur, Buyasuri.(ms)

Masyarakat itu, kehidupannya riil karenanya bupati harus, bisa menjelaskan kepada publik tentang apa itu explorasi budaya. Harus ada ruang untuk menjelaskan semua ini.

Lamablawa menjelaskan, Kita bisa meninjau expolrasi budaya dari berbagai aspek. Jika pendekatan dari sisi non budaya tentu kita menilai explorasi budaya tidak ada benefit/manfaatnya tapi jika dilihat dari kacamata budaya berarti explorasi menjadi penting, karena dia menjadi basic nilai kehidupan masyarakat.

Maka kita melihat yang mana? Kalau saya menjadi kontra maka, yang saya lihat adalah pendekatan seorang pemimpin daerah harus lebih mengexplor tentang bisnis. Berarti pengembangan untuk memajukan masyarakat dari budaya harus bisa menjadikan hidup masyarakat lebih baik.

Jika kita melihat Budaya menjadi bagian dari kehidupan maka, bertolakalah dari leleuhur karena menjadi basic nilai tapi juga patut di ingat adalah tidak hanya budaya yang bisa mendidik masyarakat. Karena kehidupan riil, masyarakat harus bisa memenuhi kehidupan secara ekonomi, religi.

Baca juga; Ama Raya ; “Kita Minta Polda Dan Kejati NTT Bantu Awasi Pemanfaatan Dana Explorasi Budaya Lembata Yang Bersumber Dari APBD”

Saya tidak melihat dari aspek pro kontra, tapi saya mau katakan Pemda jangan lupa aspel-aspek yang lain. Ingat kita hidup tidak hanya dari budaya, dan Jangan sampai kita terjebak dalam budaya urai Lamablawa.

Lanjut Eduardus Hena, bahwa Secara ekonomi, secara bisnis harus diupayakan agar bisa memperbaiki maindset masyarakat tapi ada pesan Jangan lupa kita hidup bukan hanya dari budaya tapi kehidupan riil, ada soal ekonomi dan religi.

Kalau kita lihat dari aspek pengembangan budaya lantas ada penolakan, jangan mesti di lihat secara cermat sampai kita sudah terjebak dalam ruang kapitasli. Saya tidak mengatakan ini benar 100% tapi, bahwa masyarakat, tidak hidup hanya dari budaya karena, masyarakat juga butuh makan.

Bupati Lembata sekarang, tentu tidak bisa selesaikan semua pr, baik yang ditinggalkan bupati terdahulu maupun yang diprogram sendiri tapi yang paling penting adalah bukan soal fisikli karena yang terpenting adalah, Dalam dua bulan ke depan bupati harus bisa membentuk sistem. Bagaimana kembangkan sistem budaya yang diekplorasi, sistem ekonomi dan bisnis dan, sektor-sektor lain sehingga setelah 22 Mei, walau ditinggalkan, namun penerusnya tetap bisa mewariskan nilai budaya yang di explorasi ini .

Baca juga ; Ahmad Bumi.SH ; “Kalau Explorasi Budaya Lembata Termuat Dalam Perda APBD Maka Itu Sah”

Ditanya ada dugaan akademi memanfaatkan explorasi budaya Lembata untuk mendapat gelar Profesor?

Dr. Eduardus Hena Lamablawa menegaskan sangat tidak benar jika ada yang berpikir explorasi budaya Lembata dimanfaatkan oleh akademi untuk mendapat gelar Profesor.

itu pikiran yang terlalu dangkal, karena kami tahu bagaimana proses mendapat gelar profesor. Jika teman-teman berpikir ada yang memanfaatkan anggaran daerah untuk kepentingan akademisi saya kira itu keliru pungkas Lamablawa.(mst)

berita Lainnya ; Pemda Lembata Hutang 7Miliar Lebih Ke BPJS.

Bongkar Pasang APBD Lembata 2022, Antara Bupati Dan Sekda Mungkinkah Ada Yang Berkhianat Pada Rakyat?.

Kuat Dugaan Anggaran Silpa APBD Lembata Salah Di Gunakan, LBH Sikap Minta APH Tangkap Dan Proses Hukum.

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

2 komentar pada “Eduardus Hena Lamablawa ; “Budaya Itu Penting Tapi Ingat Masyarakat Juga Butuh Makan”

  • 18 Juni 2022 pada 1:51 am
    Permalink

    Real nice design and style and great content material, practically nothing else we want : D.

    Balas
  • 1 Juli 2022 pada 4:46 pm
    Permalink

    Hi, I think your site might be having browser compatibility issues. When I look at your website in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, fantastic blog!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.