Kenapa Manusia Butuh Sunscreen? Ini Alasan dan Fungsinya!

Mediasurya.com || Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan wajah yang belakangan ini sedang banyak dibahas. Kalau zaman dahulu, penggunaan sunscreen atau sunblock hanya untuk saat hendak berjemur atau berenang saja. Namun, ternyata fungsi dan manfaat sunscreen lebih maksimal jika digunakan setiap hari.

Salah satu manfaatnya adalah mencegah kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung saat berada di luar ruangan. Tapi, ternyata ada banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan jika rutin menggunakan sunscreen.

Fungsi Sunscreen Untuk Kulit Manusia

1.Melindungi kulit dari UVA dan UVB secara langsung

Sinar matahari atau yang biasa dikenal dengan istilah Ultraviolet dan disingkat menjadi UV. Ternyata memiliki dua jenis cahaya yang masuk ke bumi. UVA adalah cahaya yang biasanya menembus awan, cermin dan air. Dampak dari terkena UVA secara langsung adalah kulit menjadi lebih cepat menua.

Sementara untuk UVB ini adalah jenis cahaya yang lebih tajam dan panjang, biasanya bisa menembus jendela dan sela-sela pintu. Pengaruh terkena cahaya UVB ini adalah kulit jadi lebih menghitam, kemerahan dan akan tampak kusam.

Karena itu, penggunaan sunscreen harus sesuai terutama yang memiliki kandungan UVA dan UVB serta SPF 50 yang tinggi untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari.

2. Menjaga Lapisan Kulit

Ada penelitian yang membahas mengenai pengaruh sinar UVB pada kulit, salah satunya dapat merusak lapisan kulit yang penting. Jadi, karena UVB sifatnya ini lebih keras dan lebih tajam sehingga pancarannya bahkan bisa mencapai lapisan epidermis kulit yang sangat penting bagi perlindungan kulit.

Jika sinar UVB langsung menuju lapisan epidermis, kulit yang tidak terlindungi sunscreen akan mengalami kerusakan seperti berjerawat, kulit dehidrasi hingga kemerahan. Penggunaan sunscreen untuk wajah bukan hanya sebagai produk kecantikan biasa, tapi juga bisa melindungi kulit dari kerusakan yang lebih parah.

3. Mencegah Kulit Mengalami Dehidrasi

Ketika terkena paparan sinar matahari saat siang hari saja, tubuh manusia bisa berkeringat dan menyebabkan dehidrasi. Begitu pun dengan kulit, bisa mengalami dehidrasi. Namun, dehidrasi pada kulit bukan disebabkan oleh keringat. Tapi, gangguan produksi kolagen dalam kulit karena paparan sinar UV langsung.

Kolagen dalam kulit memiliki peranan untuk menghidrasi kulit agar tetap lembab dan terhidrasi dengan baik. Namun, karena paparan sinar UVB yang mampu menembus kulit bisa menyebabkan gangguan produksi kolagen secara alami dalam kulit. Sehingga gangguan kulit seperti kering dan kendur lebih cepat muncul. Itulah mengapa untuk menjaga kekenyalan kulit, diperlukan penggunaan sunscreen yang lebih sering.

Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Yang Sehat

Waktu yang tepat menggunakan sunscreen adalah pada pagi hari setelah membersihkan wajah. Walaupun Anda beraktivitas di dalam ruangan, faktanya, Anda tetap membutuhkan sunscreen sebab cahaya matahari yang memantul dari sela-sela pintu atau jendela, tetap bisa mengenai kulit Anda secara langsung.

Selain itu, cahaya dari gadget juga disinyalir bisa mengakibatkan kerusakan kulit dalam waktu lama. Karena itu, penggunaan sunscreen memang lebih tepat digunakan setiap hari, dan bisa diulang setiap tiga jam sekali.

Produk sunscreen untuk wajah yang bagus, bisa menggunakan Sunscreen Wardah yang bisa dibeli di Blibli. Wardah merupakan produk perawatan kulit yang sudah terpercaya bahkan sunscreen dari Wardah ini cocok untuk jerawat agar tidak semakin meradang.

Membeli sunscreen juga tidak bisa asal. Harus di tempat yang memang bekerjasama dengan pihak Wardah seperti di Blibli. Agar mendapat produk sunscreen asli dan bukan yang abal-abal. Dan semua produk di Blibli merupakan barang-barang original

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

779 komentar pada “Kenapa Manusia Butuh Sunscreen? Ini Alasan dan Fungsinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *