Kepala Desa Cerdas Memanfaatkan ADD Untuk Program Inovasi Desa.

Mediasurya.com,Indonesia || Desa merupakan pusat pemerintahan paling kecil di negara ini, oleh karenanya pemerintah tingkat atas terus berupaya agar masyarakat desa pun mendapatkan pelayanan yang sebanding dengan masyarakat ditingkat kota.

Baca juga ; Kejaksaan Negeri Lembata Maksimalkan Pelaksanaan Penerangan Hukum. Kejari Instruksikan Pemdes Gunakan Dana Desa Sesuai Aturan.

Konsolidasi Benahi Struktur Partai Demokrat Lembata Siap, Selenggara Muscab Pemilihan Ketua DPC Demokrat Lembata.

Semua kita tahu bahwa, sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari pedesaan. Dan Desa Lewolaga termasuk Salah satu Desa dî Indonesia. Pada masa pemerintahan presiden IR. Jokowi Pemerintah menaruh perhatian besar terhadap perkembangan ekonomi pedesaan.

Pembangunan pedesaan terus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Penerapan program inovasi desa dengan harapkan setiap desa di Indonesia termasuk desa lewolaga kecamatan Titehena Kabupaten Flores Timur menjadi lebih maju dan sejahtera.

Pemerintah menaruh perhatian besar terhadap kesejahteraan masyarakat desa. Untuk meningkatkan kesejahteraan desa pemerintah pusat memberikan dana bantuan desa yang jumlahnya tidak sedikit. Dana desa tersebut harus dikelola dan dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Baca juga ; Dianggap Berhasil Terjemahkan Visi-Misi, Camat Aster Soge DiPuji Bupati Flotim

Lavictory Keindahan Di Sudut Lewolaga


Pemanfaat dana desa harus harus dilakukan secara efektif dan tepat sasaran. Dana desa yang telah dikucurkan bisa digunakan untuk pelaksanaan program inovasi desa yang yang harus ditentukan bersama. Pembuatan program inovasi desa harus dirancang dengan seksama. Program tersebut harus bisa memberi manfaat kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung.

Program inovasi desa harus disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan dari desa tersebut. Itulah sebabnya kenapa program desa yang satu berbeda dengan program yang dimiliki oleh desa lewolaga saat ini antara lain:

Program pipanisasi air bersih kepada masyarakat
Bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan mendapatkan air bersih bukanlah pekerjaan yang mudah. Seringkali mereka harus berjalan naik dan turun bukit untuk mendapatkan air bersih. Sumber air yang lokasinya jauh, membuat masyarakat desa harus berjuang keras untuk mendapatkan air. Padahal air bersih adalah kebutuhan penting bagi setiap keluarga. Hal ini yang dilakukan oleh pemdes desa lewolaga.

baca juga ; Lurah Lewoleba Bangun Lewoleba Hill’s Di Puncak Lusikawak

Berhasil Atasi Kebotakan Dengan Obat Rahasia,Pria Dari Jakarta Hampir Berakhir Di Penjara

Program pipanisasi air bersih adalah program penyaluran air bersih dari sumber air ke rumah penduduk. Dengan pembuatan tendon tendon air dan pemasangan pipa pipa ke rumah penduduk, air bersih bisa didistribusikan ke masyarakat dengan merata. Dengan adanya program ini, masyarakat tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan air bersih dan untuk keberlanjutan dipasang meteran air yang di kelola oleh pemdes melalui Bumdes yang sangat berdampak pada pendapatan asli desa.
Program pengadaan air bersih ini sebenarnya sangat beragam dan menyesuaikan dengan keadaan desa . Bagi desa yang tidak memiliki sumber air, mereka bisa membuat sumur desa. Air dari sumur tersebut bisa disimpan di tendon tendon air sebelumnya bisa didistribusikan ke rumah rumah penduduk. Atau membangungun Kerjasama lintas desa terkait, Sumber Dan pasokan air bersih Bagi masyarakat .

Selain itu Konservasi hutan untuk menjaga debit sumber air Bagi masyarakat pedesaan khususnya desa lewolaga ketersediaan air sangat vital. Masyarakat desa memerlukan air bersih untuk kebutuhan sehari hari. Selain air juga digunakan untuk irigasi pertanian – jika debit sumber air terus berkurang kelangsungan kehidupan masyarakat desa bisa terancam. Agar debit sumber air di desa bisa dipertahankan, konservasi hutan di sekitar desa harus dilakukan.

Reboisasi atau penghijaun kembali harus dilakukan di area hutan yang telah rusak. Penanaman penanaman pohon ini sangat penting agar pasokan air di desa bisa terpenuhi. Konservasi hutan seperti ini hanya bisa berjalan efektif bila melibatkan seluruh anggota masyarakat desa. Kesadaran masyarakat desa akan pentingnya menjaga kelestarian hutan menjadi kunci sukses program konservasi hutan yang dilakukan. Terus mendorong dan mengembangkan

Foto tuan ma Reinha Rosari Larantuka

Program pusat pembelajaran masyarakat
Belajar secara terus dan berkelanjutan (long life learning) dilakukan oleh pemerintah desa saat ini. Mengapa? Kurangnya pengetahuan dan ketrampilan membuat seseorang sulit mendapatkan pekerjaan. Untuk pemberdayaan masyarakat desa diperlukan sebuah program pembelajaran untuk masyarakat desa. Program pembelajaran seperti ini diperlukan agar masyarakat bisa lebih mandiri .

Program inovasi desa berupa pusat pembelajaran masyarakat bisa dilakukan di setiap desa. Melalui program pembelajaran tersebut anggota masyarakat diajarkan tentang berbagai macam keterampilan. Pembelajaran wirausaha juga bisa dimasukan dalam program ini sehingga tercipta wirausahawan baru berbasis pedesaan.

Pengadaan program inovasi desa juga bisa berupa program pengembangan usaha bisa menjadi cara untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan mengelola usaha di desa. Program pengembangan usaha desa dilakukan dengan mengundang para ahli untuk memberikan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku usaha di desa.
Ada banyak program inovasi desa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Pemilihan program inovasi desa harus dilakukan dengan seksama agar bisa bermanfaat bagi penduduk desa. Desa lewolaga adalah salah satu desa di kecamatan Titehena Kabupaten Flores Timur prop Ntt yang terus berbenah menuju desa mandiri. Masayaraktnya sajatrah desa tangguh Dan Berdaya saing memanfaatkan sumber dana ADD.

Danke.
Amran Atamaran
CP. Voice for justice climate change Action.

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

4 komentar pada “Kepala Desa Cerdas Memanfaatkan ADD Untuk Program Inovasi Desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.