Kodim 1624/Flotim Kembali Resmikan Pompa Hydram Tahap III, Program Kodam IX/Udayan

Mediasurya.com,Larantuka_ Kodim 1624/Flotim kembali resmikan pompa Hydram Tahap III program Kodam IX/Udaya Pada hari Senin tanggal 31 Januari 2022, bertempat di Desa Kolimasang Kec. Adonara, Kab. Flores Timur.
Gerakan Jaga Air Dan Alam (GEJALA) yang digalakkan kodim 1624/Flotim,mendapat respon positif dan pujian masyarakat yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Kodim 1624/Flotim di wakili Pasi Intel Kodim 1624/Flotim Kapten Inf. Yakobus Milan Tukan, Bupati Flotim yang di wakili
Wakil Bupati Flores Timur Agustinus P. Boli, SH.MH. Kapolsek Adonara Iptu Emanuel Kia Belan, Danramil 1624-02/Adonara
Kapten Inf Ahmad Setyadi Sujatmiko, Camat Adonara Ariston Kolot Ola, S.STP. Anggota Koramil 1624-02/Adonara, Kepala Desa Kolimasang Anwar Potong Kian, Ketua BPD Timo Lali Sina dan sejumlah Tokoh Agama , Tokoh Adat dan masyarakat Desa Kolimasang.
Dalam sambutan Dandim 1624/Flotim diwakili Pasi Intel Kodim 1624/Flotim dikatakan bahwa program ini adalah bentuk kepedulian dari Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang berkedudukan di Denpasar yang melihat air menjadi sumber yang paling vital untuk kehidupan masyarakat di wilayah Kodam IX Udayana terutama di NTT dan untuk di wilayah Kodim 1624 / Flotim ini ada 11 titik salah satunya di desa Kolimasang.
Setelah mengikuti prosedur survei penilaian sehingga diputuskan salah satunya Desa Kolipetung yang mendapat pemasangan pompa Hidram yang Sebentar lagi kita resmikan dan kita serahterimakan ke Pemerintah Desa untuk selanjutnya digunakan dan dimanfaatkan, dirawat sebaik-baiknya sehingga secara terus-menerus secara berkesinambungan bisa digunakan untuk semua keperluan masyarakat.
Dandim berpesan, bahwa air yang bersih sangat bermanfaat untuk kesehatan masyarakat dan akan meningkatkan mutu hidup sehingga bersama kita bisa perangi stanting.
Dandim 1624/Flotim diwakili Pasi Intel Kodim 1624/Flotim menjelaskan bahwa NTT yang masuk sebagai salah satu wilayah di Indonesia dengan angka stanting tertinggi maka dari itu, kita berharap agar dengan adanya air bersih mudah-mudahan semua bisa tumbuh dengan sehat dengan menggunakan air bersih.dan sisa airnya bisa digunakan untuk bercocok tanam sayur dan kebutuhan lain yang bisa meningkatkan kesehatan imbasnya adalah perasaan kita nanti akan meningkatkan tentunya pola pikir yang lebih maju dari pada sekarang masing-masing sehingga sedikit demi sedikit mulai ada perubahan pola pikir. Marilah kita sama- sama perlu menjaga sumber air untuk generasi penerus.
Sementara itu Bupati Anthonius Gege Hadjon dalam Sambutan yang di sampaikan Wakil Bupati Agustinus P. Boli, SH.MH. mengatakan, isu air bersih saat ini juga telah menjadi perhatian dunia yang dirayakan setiap tahun oleh masyarakat dunia yaitu Hari Air Sedunia suatu gerakan penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang bekelanjutan. Bagi daerah-daerah yang dekat dengan sumber mata air atau daerah yang berada di bawah mata air, kebutuhan akan air tidak menjadi masalah. Namun bagi daerah yang yang tanahnya lebih tinggi dari sumber air akan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan secara kontinyu.
Untuk mengatasi masalah hal ini, maka timbul pemikiran untuk menciptakan pompa air tanpa menggunakan bahan bakar. Hal ini dapat dipenuhi dengan menggunakan pompa hydram. Pompa hydram bekerja dengan menggunakan tenaga air itu sendiri, yaitu efek water hammer yang terjadi karena ada perbedaan ketinggian.
Wakil bupati memberikan apresiasi atas kehadiran negara ditengah kesulitan masyarakat akan air bersih.
“Seperti yang kita saksikan bersama, negara hadir untuk rakyat secara nyata dalam menyelesaikan dan mengatasi kesulitan rakyat dalam Program pompa Hydram yang merupakan inisiasi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai bentuk kepedulian serta memberikan solusi dalam mengatasi air bersih maupun untuk keperluan sehari-hari” ujar Agus Boli.
Mantan anggota DPRD Flotim tiga periode ini mewakili warga kolimasang dan Flotim menyampaika terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pangdam IX /Udayana, Komandan Kodim 1624 Flores Timur bersama jajaran, dengan hati yang tulus melihat kondisi masyarakat di wilayah Kabupaten Flores Timur dimana ada masyarakat yang berkekurangan dan Pangdam hadir membantu mengatasi kesulitan masyarakat terutama air bersih, dengan membangun bak air dilengkapi dengan pompa Hydram yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat sebagai sumber kehidupan, baik itu untuk kebutuhan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Cuci, mandi, memasak, bahkan selebihnya digunakan untuk kebutuhan pertanian di pekarangan rumah maupun di daerah lokasi pertanian.

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

2 komentar pada “Kodim 1624/Flotim Kembali Resmikan Pompa Hydram Tahap III, Program Kodam IX/Udayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.