Kota Larantuka Produksi 104 Kubik Sampah Setiap Hari, DLH Kekurangan Armada

MEDIASURYA.COM, LARANTUKA ||
Paulus S. Demoor yang disampingi Sekretarisnya, Hendrikus Edi Jaya Lamanepa, saat ditemui di ruang kerja, Senin 6 Juni 2022 menjelaskan, bahwa kita Larantuka memproduksi sampah 104 kubik setiap hari namun, armada yang dimiliki DLH kurang dan tidak memadai.

Baca juga ; Launching Bulan Imunisasi Anak Penjabat Bupati Lembata Ingatkan, Kebersihan Harus Menjadi Perhatian Untuk Pola Hidup Sehat

Anggota Kodim 1624/Flotim Dan DLH Bersihkan Pasar Inpres Larantuka

Dinas Lingkungan Hidup hanya 5 unit dimana semuanya merupakan armada tua. Kondisi tersebut mengakibatkan tumpukan sampah di beberapa TPS di Kota Larantuka tak habis diangkut setiap hari.

Demoor menjelaskan, Dalam sehari, Kota Larantuka sendiri menghasilkan sampah sebanyak kurang lebih 104 meter kubik dan armada yang tersedia hanya mampu mengangkut sekitar 80 meter kubik per hari menuju TPA Riangkoli.

“Iya untuk Kota Larantuka dalam sehari menghasilkan sampah kurang lebih 104 meter kubik, namun hanya 80 meter kubik yang berhasil diangkut ke TPA di Riangkoli karena memang kami hanya memiliki 5 armada,” ungkapnya.

Menurut Olus Demoor, sapaan akrabnya, dari 80 meter kubik yang berhasil diangkut merupakan suatu upaya maksimal dari timnya, sebab 5 armada yang tersedia saat ini merupakan armada tua dimana sehari kadang 2 atau 3 unit armada akan mengalami kerusakan.

“80 meter kubik yang diangkut ke TPA Riangkoli sudah merupakan upaya maksimal dari tim saya apalagi 5 armada tersebut adalah armada tua, jadi apresiasi saya berikan dan sangat berterima kasih pada mereka,” jelas Olus Demoor.

“Selain merupakan armada tua, dalam sehari kadang 2 atau 3 unit armada mengalami kendala kerusakan. Dan dari 5 unit, hanya 2 unit yang memenuhi standar pengangkutan sampah ke TPA, sedangkan tiga lainnya merupakan unit kecil,” lanjutnya.

Olus Demoor juga menghimbau dan berharap agar adanya kesadaran dari masyarakat saat membuang sampah ke TPS yang tersedia agar memudahkan timnya saat mengangkut sampah di TPS.

“Kita butuh kesadaran masyarakat, TPS sudah disiapkan. Jangan buang sampah di luar TPS, buang sampahnya di dalam TPS sehingga memudahkan tim saya saat mengangkut sampahnya,” pinta Olus Demoor.

Selain itu, dirinya juga membeberkan adanya upaya dari Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi untuk menambah armada di DLH dan berharap bisa segera direalisasi agar membantu petugas lapangan dan menciptakan wajah Kota Larantuka bersih dari sampah.

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

2 komentar pada “Kota Larantuka Produksi 104 Kubik Sampah Setiap Hari, DLH Kekurangan Armada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *