Rayakan HUT Ke 55 Desa Loyobohor, Panitia Gelar Lomba Pembibitan Sayur-Sayuran

Mediasurya.com,Lembata || Cara unik desa Loyobohor merayakan ulang tahun desa ke 55 yang, untuk kali pertama di meriahkan dengan berbagai lomba, salah satu yang dinilai unik adalah lomba pembibitan sayur-sayuran oleh Dasawisma desa tersebut.

Baca juga ; Petrus Bala Pattyona, SH, MH : “Polres Lembata Perlu Buka Petunjuk Awal Kematian Bendahara Bupati”.

Jelang Sinode Para Uskup Sedunia, Keuskupan Dioses Larantuka Gelar Sinode ke XVI Di Lewoleba Lembata

Sembilan dasawisma ikut ambil bagian dalam pembibitan tanaman yang diharapkan akan menambah nilai ekonomi masyarakat juga sebagai sarana memerangi stunting pada desa Loyobohor.

Penyemai bibit sayur-sayuran di desa loyobohor didamping pihak dinas pertanian kabupaten Lembata, dan dibiayai oleh panitia perayaan HUT desa.

Kepala desa Loyobohor Yosefat Loyobohor melalui sambungan seluler kepad media ini mengatakan, pembibitan ini akan dinilai oleh tim yang tergabung dari tenaga kesehatan puskesmas weirian, dinas pertanian dan aparat desa yang ditunjuk.

Baca juga ; Dapat Bantuan 50 Bak Septik, Kades Loyobohor ; ” Semua di Bagi Merata ke Sembilan RT”

Falo demikian sang kades lasim disapa mengatakan, Setelah bibit mulai tunas maka, para anggota dasawisma kbali didampingi oleh orang dinas pertanian untuk lakukan pengalihan ke polibek dan tim penilai pun turun lakukan pengecekan lapangan.

Ada berbagai jenis tanaman dan sayuran yang dikembangkan oleh Dasawisma seperti, kangkung, Lombok, terung, bayam dan lain-lain jelas Falo.

Setelah penilaian dan pengumuman hasil penjurian maka tanaman tersebut akan dibagikan kepada semua warga masyarakat untuk selanjutnya ditanam di halaman rumah masing-masing.

Para ketua dasawisma berharap apa yang dinilai bisa berjalan dengan baik. Ketua dasawima, satu Juli Lahamukang, dasawisma dua, boleng lelangayaq, dasawisma tiga Welin lelangwayan, dasawisma empat Elis lelangdeler, dasawisma lima, Aisa, dasawisma enam, Mariam lelangdeler, dasawisma tujuh Juliana, dasawisma delapan, Marta Dau dan dasawisma sembilan Marian berharap apa yang dilakukan terus berlanjut karena ini merupakan kegiatan positif untuk kepentingan banyak orang.



kepala desa mengatakan, penilaian tim juri dengan berbagai Kriteria diantaranya, layaknya asri tempat pembibitan, kebersihan, perawatan, dan hasil yang dicapai.

Selain kegiatan pembibitan yang dilakukan oleh Dasawisma pada HUT desa Loyobohor ini juga digelar, Pentas seni budaya tingkat pedalam dari TK dan SD dari desa kahua Sampai desa atuwaqlupang.

Falo mengatakan dirinyaembeikan apresiasi dan ucapan terimakasi kepada panitia karena program kerja desa 2022, karena perlombaan disesuaikan dengan program desa dan hingga kini berjalan dengan baik.

Target pemdes berkaitan dengan pencegahan stunting berjalan maksimal. Dan kegiatan ini mendapat dukungan dari Masyarakat.

Yosefat mengatakan, ini ulang tahun desa ke 55 yang dirayakan perdana jadi saya udang lembaga adat para kepala suku dan saya jelaskan tentang kegiatan ini, dan mereka mendukung sehingga kami terus berjalan dan kami harapkan bisa tuntas dan sukses.

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.