Mediasurya.com, Vatikan || Emeritus Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri satu dekade lalu karena sakit, hari ini, Sabtu (31/12/2022), di usia 95 tahun tutup usia.

Baca juga ; Persaudaraan Tanpa Sekat, Perayaan Isra Mi’raj Di Laksanakan Dihalaman Gereja Paroki Desa Leuwayan.

Warga Indonesia Ungkap Kemeriahan Misa Natal di St Mary’s Catholic Church Dubai, Uni Emirat Arab

Paus Benediktus meninggal di kediamannya setelah kesehatannya dikabarkan terus memburuk belakangan ini. Meskipun Vatikan sempat menyebut Paus Benediktus XVI dalam kondisi “stabil” dan bisa beristirahat dengan baik.

Vatikan mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Dengan rasa duka, kami memberi tahu Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan”

Paus Benediktus memimpin Gereja Katolik Roma selama kurang dari delapan tahun hingga pada 2013 dirinya menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri sejak Gregorius XII pada 1415.

Benediktus menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di biara Mater Ecclesiae di dalam tembok Vatikan. Penggantinya, Paus Fransiskus, mengatakan Paus Benediktus sering mengunjunginya di sana.

Baca juga ; Tiga Misionaris Indonesia Nyekar ke Makam Bernard Bode SVD di Belanda

Meskipun Paus Benediktus telah sakit selama beberapa waktu, Tahta Suci mengatakan kondisinya semakin memburuk karena usia lanjut.

Pada Rabu (28/12/2022), Paus Fransiskus mengimbau jemaat dalam pertemuan umum Vatikan untuk melakukan doa khusus bagi Paus Emeritus Benediktus.

Dalam kesempatan itu, Paus Fransiskus menyampaikan bahwa Paus Benediktus sedang sakit parah.

Lahir di Jerman, Benediktus berusia 78 tahun ketika pada tahun 2005 dia menjadi salah satu paus tertua yang pernah terpilih.** sumber;bbc

By mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *