Siswa SDI Panama, Pentas Dera Lili Di Pangung Explorasi Budaya Lembata

MEDIA SURYA–
Sabtu,5 Maret 2022
Dera lili sebuah karya seni yang mengkisahkan tentang kebersamaan, gotong-royong yang dipentaskan siswa-siswi SD Inpres Panama kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata mendapat perhatian serius dan apresiasi pengunjung.

Mediasurya.com,Lewoleba,Lembata_ Sebuah karya seni yang dipentaskan oleh warga belajar Sekolah Dasar Inpres (SDI) Panama Desa Panama kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata mendapat aplos meriah para penonton yang hadir di pentas explorasi Budaya Lembata lapangan wulen luo kelurahan Lewoleba barat kecamatan Nubatukan kabupaten Lembata. Baca juga ; Puncak Perayaan Explorasi Budaya Lembata, Petrus Gero ; “Tahun Kemarin Lembata mengalami Tragedi Besar, Mungkin Saja Tuhan Marah Dan Mungkin Juga Leluhur Marah”

Sanggar Tari dibawah asuhan Elisabth Etoehaq mementaskan sebuah karya seni tari yang mengkisahkan tentang nilai kebersamaan,gotong royong orang Kedang.

Ini cerita tentang semangat gotong royong nenek moyang zaman dulu, ketika hendak membuat sebuah bangunan baik untuk pribadi maupun umum.

yang dipentaskan dalam Dera Lili adalah bagaimana orang dulu, nenek moyang bersama-sama membangun “Ebang” sebuah tempat umum yang biasanya digunakan sebagai tempat penyimpan hasil panen, berdiskusi, musyawara, atau beristirahat. Baca juga ; Terkait Pungutan 500 Ribu Untuk Seminar Budaya Dan Pekan Seni Budaya, Kadis Pendidikan Lembata Akui Dirinya Nyaris Terjebak

Untuk membuat bangunan umum ebang, dikisahkan dalam Dera Lili, dulu para tetua bersama-sama bermusyawarah dan berepakat untuk, pergi ke hutan melihat kayu yang pas sebagai bahan membuat ebang. Setelah kayu di potong para tetua akan bersama menarik kayu dari gunung hingga, ke kampung lokasi pembangunan.

dipertengahan jalan ada sejumlah perempuan, baik kalangan ibu-ibu maupun anak gadis yang menyiapkan pisang bakar, tuak untuk para tetua yang menarik kayu untuk, istrhat sambil merokok.
Setelah istrhat sejenak para penarik kayu akan melanjutkan pekerjaan mereka hingga ke dalam kampung lokasi pembangunan dan akan disambut gembira.
Dalam Dera Lili dikisahka saat memasuki kampung penarik kayu disambut dengan nyanyian,mereka menari bahkan ada yang menyambut dengan menyiram air ke tubuh para penarik kayu. Baca juga; Ritual Iu Uhe Bei Ara : Memberi Makan Alam


Biasanya luapan kegembiraan akan kebersamaan itu tumpah ruah ketika para penarik kayu tiba dikampung lokasi tempat akan dibangunnya ebang. (sl/mst)

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

2 komentar pada “Siswa SDI Panama, Pentas Dera Lili Di Pangung Explorasi Budaya Lembata

  • 18 Juni 2022 pada 12:00 am
    Permalink

    This is very interesting, You’re a very skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your fantastic post. Also, I have shared your web site in my social networks!

    Balas
  • 29 Juni 2022 pada 4:41 pm
    Permalink

    Wow! Thank you! I permanently needed to write on my website something like that. Can I implement a fragment of your post to my site?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.